anak-anakHampir 50 persen dari anak-anak akan menderita kutil pada waktu tertentu. Kutil adalah tumor jinak yang berkembang ketika keratinosit (semacam sel kulit) terinfeksi oleh virus kutil. Ada banyak tipe kutil, yang paling umum biasanya berupa benjolan kasar yang muncul di jari dan tangan. Jenis lainnya seperti, kutil datar, kutil kelamin, kutil plantar, dan moluskum kontagiosum. Perbedaannya berdasar dari jenis, lokasi, dan rasa sakitnya. Kutil yang biasa muncul di jari dan tangan biasanya tidak sakit. Kutil plantar muncul di telapak kaki dan kadangkala menyakitkan, sedangkan kutil peringual muncul disekitar jari dan kuku kaki, dan yang muncul di wajah biasanya merupakan kutil datar.



Gejala umum dari kutil adalah permukaan kulit yang menjadi lain dan kasar. Benjolan mulai muncul sehari setelah infeksi. Mitosnya bahwa kutil mempunyai akar, tetapi kenyataannya tidak karena kutil tumbuh di epidermis yang merupakan lapisan paling atas kulit dan warna hitam yang terjadi disebabkan oleh pembuluh darah yang sobek dan darah yang bergumpal.

Kutil datang dan pergi pada berbagai saat dalam hidup, seperti saat kanak-kanak dan remaja. Kutil biasanya sembuh begitu aja, tetapi beberapa akan menyakitkan dan menyebar dengan cepat, dan beberapa kutil tidak dapat sembuh bahkan selama beberapa tahun. Pengobatan umum di antara para dokter anak adalah krioterapi dimana mereka akan membekukan kutil menggunakan nitrogen cair. Kanharidin dapat juga digunakan, dimana merupakan pengobatan yang tidak menyakitkan tetapi dapat menyebabkan lecet yang menyakitkan pada malam hari. Sisi negatifnya adalah pengobatan ini kadangkala menyebabkan lecet dan beberapa kutil tidak dapat dicabut begitu saja dalam sekali pengobatan. Jika kutil tidak dapat dicabut, maka akan digunakan asam salsilat yang kuat, terapi kekebalan intralesional, bleomycin, atau laser. Aldara juga dapat digunakan untuk kasus terburuk. Karena beberapa pengobatan, kutil dapat tumbuh di dalam lecet tersebut yang dapat menyebabkan kutil yang lebih besar dan kadangkala menimbulkan parut.

Selain pengobatan kutil yang umum, pengobatan rumahan yang terkenal adalah plester. Area yang terinfeksi diplester selama 6 hari. Jika dalam periode tersebut plester terlepas, maka harus diplester kembali. Setelah 6 hari, plester harus dilepas dan kutil direndam dengan air diikuti dengan batu apung atau papan amril untuk menggosok perlahan kulit bagian atas kutil. Setelah ini, plester harus ditempelkan kembali selama 24jam dan langkah-langkah tersebut harus kembali dilakukan sampai kutil hilang. Beberapa anak akan ragu-ragu untuk meletakkan plester pada bagian yang terlihat, seperti jari dan kaki. Mereka dapat didorong untuk menggunakan plester berwarna selain abu-abu. Banyak alat pembeku dan penghilang kutil rumahan tersedia di toko.

Kutil menyebar melalui kontak langsung dengan kutil atau benda apapun yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi, seperti handuk. Itu sangat menular dan direkomendasikan untuk menjauhinya sedini mungkin. Semua luka gores, ruam, dan gigitan harus dibersihkan secara teratur dan ditutupi. Langkah lain untuk menghindarinya adalah menggunakan sepatu tertutup ketika berada di tempat ramai.