Hipoglikemia pada Anak

Anak makan teraturHipoglikemia adalah keadaan dimana seorang anak (atau seseorang) penderita diabetes menderita kadar gula darah rendah. Ini bisa menjadi situasi yang ekstrim dan berbahaya dan pada kasus kejadian yang terburuk bisa menyebabkan koma diabetik dan kematian. Namun dengan pengawasan gula darah yang cermat hal ini bisa dihindari.

Pelajaran yang penting untuk diajarkan pada anak yang masih kecil dengan diabetes adalah dengan mengenali tanda-tanda saat mereka memiliki kadar gula darah rendah. Untuk anak yang masih sangat kecil, hal ini akan menjadi sangat sulit karena mereka tidak memahami kata atau pemahaman untuk menjelaskan apa yang mereka rasakan.

Anak Anda dapat mengembangkan hipoglikemia jika mereka tidak cukup banyak makan, memiliki terlalu banyak insulin atau saat mereka melewati jam makan. Semua situasi ini bisa dihindari namun masih saja terjadi dari waktu ke waktu. Pastikan anak anda selalu memiliki makanan darurat tersedia untuk situasi seperti ini dan mengetahui kapan mereka harus memakannya.

Seorang anak yang menderita hipoglikemia mungkin memperlihatkan gejala tertentu yang dapat membantu orang lain mengetahui apa yang terjadi. Terutama bagi anak yg sangat kecil, perhatikan perubahan mood, gemetar, pucat, bertingkah laku aneh, atau tidak mampu untuk berkonsentrasi. Kondisinya dapat berupa macam-macam namun setiap individu biasanya bereaksi sama terhadap hipoglikemia. Pelajari bagaimana anak Anda bereaksi terhadap kadar gula darah rendah dan beritahukan orang yang menjaga anak Anda sehari-hari sehingga mereka juga dapat berjaga-jaga.

Jika anak Anda seringkali menderita hipoglikemia, konsultasikan pada dokter atau pendidik diabetes. Penyesuaian jadwal insulin atau jumlah insulin yang diberikan mungkin harus disesuaikan. Memperhatikan jadwal makan juga bisa membantu, mungkin waktu makan dan jenis makanan yang dimakan harus diubah.

 

Olahraga dan kesehatan