anak marahGangguan Pemusatan Perhatian / Hiperaktivitas atau GPPH dialami kurang lebih 10% pada anak-anak. Terkadang hal ini disebut sebagai GPP (Gangguan Pemusatan Perhatian). Anak-anak GPPH kesulitan untu...

memperhatikan, berkonsentrasi dan mengikuti petunjuk. Terkadang mereka kesulitan untuk tenang dan berdiam diri. Gejala-gejala ini ditampakkan di rumah, sekolah, ataupun tempat-tempat lain.


Gejala-gejala GPPH pada anak-anak terbagi tiga jenis dasar: tidak perhatian, hiperaktif, dan impulsif. Anak-anak GPPH umumnya mempunyai masalah tetap fokus pada suatu hal. Mereka biasanya gampang terganggu. Anak-anak GPPH bisa atau tidak bisa menjadi hiperaktif atau energik. Mereka umumnya kurangnya berkemampuan untuk mengontrol kehendaknya.

Seringkali gejala-gejala dan tingkah laku yang berkaitan dengan GPP/GPPH tidak dikenali. Anak-anak GPPH diklasifikasikan sebagai anak yang bertingkah buruk. Para orang tua dan guru menganggap bahwa si anak bandel dan kasar karena tidak menurut perintah ataupun mengganggu kelas. Padahal kenyataannya, anak dengan GPPH tidak bisa mengontrol kehendaknya.

Jika anda menganggap anak anda mengalami GPPH, mintalah nasehat dari dokter. Tidak ada tes untuk GPPH, namun seorang dokter bisa menentukan apakah anak anda menunjukkan gejala-gejala yang bisa diklasifikasikan sebagai GPPH.

Selalu ingat bahwa pengobatan terbaik untuk GPPH adalah dengan obat-obatan. Beberapa anak-anak GPPH bereaksi dengan baik terhadap obat-obatan seperti Ritalin dan Adderol, namun ada beberapa yang mengatakan bahwa efek sampingnya sangat membahayakan, atau bahwa obat-obatan tersebut tidak efektif.

Ada banyak pendekatan alternatif untuk merawat anak-anak GPPH yang tidak melibatkan obat-obatan. Diet dan olahraga bisa sangat mengurangi gejala-gejala GPPH. Anak-anak GPPH juga memerlukan banyak struktur. Orang tua harus selalu jelas, tegas dan konsisten. Anda bisa membantu anak anda berprestasi di sekolah dengan menyediakan tempat yang sepi dan terisolasi untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tanpa gangguan.

Tidak semua anak yang menunjukkan gejala-gejala GPPH pasti mengidap GPPH. Kadang-kadang anak bertingkah di sekolah atau di rumah karena ada yang mengganggu kehidupannya, seperti perceraian atau kematian anggota keluarganya. Anak-anak yang tidak mempunyai kemampuan belajar terkadang bertingkah, melampiaskan frustasinya atau menyembunyikan keterlambatan belajar mereka. Juga, sebagian anak memang suka bertingkah dan suka ribut.

Perbedaan antara anak-anak yang kadang terganggu dan anak yang menderita GPPH adalah anak-anak penderita GPPH berjuang untuk tetap fokus dan perhatian dalam segala situasi. Mereka sudah mencoba namun mereka tidak dapat mempertahankan konsentrasinya atau mengontrol kehendaknya. Untuk alasan ini, anak GPPH biasanya tertinggal di sekolah dan seringkali mendapat masalah.

Jika anda menduga anak anda menderita GPPH, jangan mengabaikan gejala-gejalanya. GPPH bisa disembuhkan dan tidak perlu menahan anak untuk berprestasi tinggi.