Kehamilanasir saat kehamilan adalah kondisi kesehatan yang umum sebagai akibat kehamilan, dan sebagian besar para wanita banyak yang bertanya -tanya kenapa.

Kebanyakan wanita hamil mendapat tambahan berat lebih dari 1 kg dari meningkatnya suplai darah dan menambah tekanan darah pada seluruh tubuh. Peningkatan dalam tekanan darah bisa mempunyai efek langsung terhadap kesehatan wanita seperti timbulnya wasir.

Kebanyakan wanita hamil juga mendapatkan varises pada panggul, dan wasir secara umum sama dengan varises panggul, namun mereka hanya terjadi di daerah anus. Karena massa yang besar, jaringan ikat di daerah anus dirancang untuk dapat membesar dan kembali ke ukuran normalnya secara alami, maka sangatlah mudah bagi aliran darah untuk terjebak dan membuat anus meradang, terutama ketika ketika ada volume darah yang lebih besar.

Selanjutnya, tahap kedua melahirkan termasuk di dalamnya mengejan dan kontraksi otot di daerah anus selama berjam-jam sampai selesai, jadi anda tidak perlu terkejut saat wasir masih terjadi setelah anda melahirkan. Ketegangan mangakibatkan banyak tekanan pada garis pembuluh darah dan ini bisa menyebabkan wasir.

Pembesaran rahim juga memberi ketegangan pada pembuluh darah di panggul dan vena cava inferior, salah satu dari keduanya menyedot darah dari seluruh area panggul kembali ke pusat sistem peredaran. Vena cava inferior ialah pembuluh darah yang sangat besar pada bagian kiri tubuh yang menarik semua darah dari paha bawah kembali ke jantung. Jadi ketika tempatnya ditempati oleh janin yang tumbuh yang berusaha mencari tempat kosong, Inilah yang bisa menyebabkan timbulnya wasir dan varises pada bagian daerah anus.

Dan yang membuat keadaan hampir ideal untuk pembentukan wasir adalah tubuh wanita melepaskan jumlah progesteron yang sangat besar ke seluruh tubuh saat kehamilan yang membuat ketegangan ekstra dan ketidaksengajaan relaksasi lapisan pembuluh darah dan memperlambat penyerapan makanan.

Sementara progesteron bisa menyebabkan wasir, ada dua alasan penting kenapa tubuh anda memerlukan hormon ini:

  • Saat pembuluh darah mengendur, begitu juga dengan lapisan tendon dan otot anda, yang membuat tubuh anda berkembang dan membuat proses kelahiran menjadi mudah.
  • Tubuh anda perlu menarik setiap gizi dan mineral, hal ini didapat dari menyerap makanan, jadi saat pencernaan anda melambat, usus anda bekerja sangat keras untuk mengekstrak gizi yang dibutuhkan. Sehingga campuran dari semua efek ini membuat tubuh anda merupakan lingkungan yang sempurna untuk membuat wasir terbentuk

Aspek negatif dari hal ini adalah bahwa wasir pada kehamilan lebih cenderung bertindak sebagai tendon untuk mendukung pembuluh darah pada bagian tubuh tersebut dan sehingga menurun, membuat pembuluh darah menjadi lebih rentan terhadap peradangan dan pembengkakan ditambah lagi dengan proses pencernaan makanan yang lambat, konstipasi (penyebab lain dari wasir), lebih mungkin untuk dialami.

Setelah proses kelahiran, wasir akan menghilang, ini adalah keuntungan karena tubuh perempuan bisa lebih mudah menyembuhkan wasir dengan atau tanpa intervensi, daripada tubuh seorang laki-laki.

Namun anda harus ingat bahwa tubuh anda membutuhkan waktu untuk dapat memulihkan diri setelah proses kelahiran dan rasa nyeri dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh wasir. Pengobatan langsung untuk wasir bisa dilakukan setelah melahirkan, jika diresepkan oleh dokter kehamilan atau ahli kolorektal.