Tahap-Tahap Perkembangan Kehamilan pada Trimester Pertamanda tentu sangat gembira saat mengetahui Anda hamil. Ini adalah saatnya untuk belajar banyak hal, melakukan perubahan dan melakukan antisipasi. Salah satu hal yang menyenangkan untuk dipelajari adalah tentang perubahan dan pertumbuhan yang

terjadi di dalam tubuh Anda ketika janin Anda tumbuh.

Penghitungan minggu-minggu kehamilan diukur dari tanggal ketika terjadi pembuahan. Dengan kata lain, itu adalah 14 hari sebelum tanggal dimana Anda biasa mendapatkan haid. Yang menyulitkan adalah apabila menstruasi Anda tidak teratur sehingga Anda tidak bisa yakin kapan Anda akan menstruasi. Namun, dokter dapat menentukan tanggal kehamilan Anda dengan agak akurat melalui USG sehingga tanggal persalinan Anda dapat diperkirakan.

Pada minggu ke 3 janin akan terbentuk di dalam rahim ibu. Selama terjadinya proses ini kadang-kadang Anda akan merasa kram dan mungkin akan mengeluarkan sedikit bercak-bercak seperti darah dalam satu atau dua hari. Tubuh ibu juga akan memproduksi protein immunosuppressan yang akan membuat tubuh ibu tidak akan menganggap janin sebagai benda yang berbahaya. Pada saat itu diameter janin adalah sekitar 0,1 sampai 0,2 mm.

Pada minggu ke 5 ibu hamil biasanya akan merasa sangat lelah dan mengantuk. Bahkan dia bisa menguap sepanjang hari. Dia akan merasakan payudaranya membengkak dan nyeri, mual (morning sickness), sering kencing dan sakit kepala yang disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon. Tidur di malam hari dengan mengenakan bra mungkin dapat membantu. Pada minggu ke 5 jantung bayi akan mulai berdetak! Pada akhir minggu ke 5 sumsum tulang belakang telah menyatu dan panjang bayi bisa mencapai 1,5 sampai 2,5 mm.

Tahap perkembangan kehamilan terus berubah setiap minggu. Pada minggu ke 7 tulang-tulang tangan terbentuk dan panjang bayi adalah sekitar 7 sampai 9 mm. Pada minggu ini Anda belum bisa melihat jenis kelamin bayi dengan USG. Hidung dan ginjal kedua akan terbentuk. Bayi akan mengalami tiga perkembangan ginjal dalam periode perkembangan ginjal tersebut. Selama minggu ke 7 Anda mungkin akan merasakan wajah Anda seperti mau pecah karena adanya perubahan hormon. Anda mungkin juga akan merasakan seolah-olah Anda menjadi remaja lagi! Anda juga dapat memgikuti kelas-kelas kehamilan agar Anda dan suami Anda dapat melalui masa transisi dengan lebih baik. Hubungi rumah sakit, klinik bersalin atau bidan untuk mendapatkan informasi tentang kelas-kelas kehamilan tersebut.

Suami Anda mungkin akan memiliki pertanyaan tentang berhubungan seks ketika Anda hamil. Para pria mungkin akan merasa aneh berhubungan seks dengan wanita hamil, tetapi jika Anda tidak mempunyai masalah dengan kehamilan, berhubungan seks benar-benar aman. Banyak wanita yang mengalami penurunan libido selama trimester pertama, tetapi libido akan kembali naik pada trimester kedua ketika kelelahan yang dia alami juga turun.

Selama minggu ke 10 Anda masih akan mengalami kelelahan dan mual. Kabar baiknya, keadaan ini hanya akan bertahan selama satu atau dua minggu. Perut Anda mungkin akan mulai sedikit membesar tetapi hal ini sebenarnya disebabkan oleh distensi usus, bukan karena pertumbuhan rahim Anda. Anda bisa mengukur pinggang Anda dan membandingkan ukurannya ketika Anda nanti memasuki trimester ketiga. Bayi akan mencapai tingkat pertumbuhan sekitar 1800% dan sekarang panjangnya bisa mencapai 27 mm sampai 35 mm. Bayi Anda sudah memiliki jari-jari kaki, mata, bibir atas, telinga dan alat kelamin eksternal. Jantung berdetak sekitar 160 denyutan per menit.

Pada tahap akhir kehamilan pada trimester pertama Anda akan terbebas dari rasa lelah dan mual. Ini terjadi pada minggu ke 12 dan perut Anda akan mulai membuncit, terutama jika ini bukan kehamilan pertama Anda. Plasenta akan mulai memproduksi hormon untuk menunjang kehamilan dan risiko keguguran akan menurun secara signifikan. Pada titik ini, janin akan memiliki struktur yang sama persis dengan struktur tubuhnya ketika dia lahir nanti, namun struktur otaknya belum sama. Berat si kecil sekitar 14 gram dengan panjang sekitar 9 cm. Jika dokter menggunakan Doppler Anda akan dapat mendengar detak jantung bayi.

Tahap-tahap perkembangan kehamilan tentu sangat menarik. Sebagian besar perubahan-perubahan dan perkembangan yang nyata terjadi pada trimester pertama kehamilan dan pertumbuhan janin akan terjadi pada trimester kedua dan ketiga. Nikmatilah kehamilan Anda, dan sebentar lagi akan ada si kecil yang hadir dalam kehidupan Anda.