Menjauhkan Wanita Hamil dari Dilema Surutnya Asamanyak wanita cenderung mengalami gejala mulas ketika mereka sedang hamil, dan ini terjadi karena beberapa alasan.

Salah satunya adalah meningkatnya hormon dalam tubuh wanita ketika mereka hamil. Kejadian ini akan mengakibatkan terjadinya pelunakan ligamen yang berfungsi untuk menjaga agar LES (lower esophageal sphincter/katup kerongkongan bawah) tetap

tertutup rapat. Ketika LES berada pada periode yang tidak sesuai, asam lambung dan makanan akan cenderung mengalir kembali ke saluran makanan dan tenggorokan.

Alasan lain mengapa wanita yang sedang hamil mengalami mulas adalah karena adanya perubahan dalam tubuh dan berkembangnya tubuh bayi yang menciptakan lebih banyak tekanan di dalam perut wanita hamil. Oleh karena itu, isi perut akan dipaksa berada tepat didalam LES, kemudian menuju ke kerongkongan.

Namun, ada beberapa metode yang bisa diterapkan oleh wanita hamil untuk mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh mulas tersebut. Berikut ini adalah saran-saran yang baik untuk diterapkan, meskipun mungkin tidak dapat menghilangkan  mulas secara total:

  • Hindari makanan yang memicu mulas. Misalnya cokelat, makanan pedas, jeruk segar atau di buat jus, mustard, tomat dan makanan berbasis tomat, makanan berlemak, makanan yang digoreng, dan makanan yang penuh bumbu. Cobalah untuk berkonsultasi dengan spesialis medis untuk mengetahui daftar makanan yang lengkap untuk menghindari surutnya Asam. Tanyakan juga¬† makanan apa saja yang bisa Anda makan yang tidak menyebabkan mulas.
  • Singkirkan minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, dan soda. Terlalu banyak minuman ini akan menyebabkan LES terlena dan membiarkan asam kembali ke kerongkongan.
  • Jauhi minuman alkohol. Minuman ini seperti kafein yang cenderung membuat LES bereaksi sehingga menciptakan efek pemicu mulas yang sama.
  • Hindari makan dalam jumlah yang besar. Yang disarankan adalah lebih baik makan dalam jumlah yang kecil tetapi sering dilakukan sepanjang hari.
  • Hindari makan dengan terburu-buru. Mengunyah makanan secara menyeluruh akan sangat membantu dalam menghindari mulas, jadi lebih baik luangkan waktu Anda untuk menikmati makanan.
  • Istirahat setidaknya selama tiga jam setelah makan terakhir sebelum Anda tidur.
  • Wanita hamil disarankan untuk minum air putih lebih banyak dalam sehari, setidaknya 8 sampai 10 gelas, dan harus dilakukan tidak hanya pada saat makan. Dengan cara ini, perut akan melar, kemudian LES akan mendapat lebih banyak tekanan, yang membuatnya terbuka secara tidak tepat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk minum lebih banyak air dan cairan lainnya di antara waktu makan.
  • Ketika tidur naikkan bantal setidaknya limabelas sampai duapiluh sentimeter. Cobalah tidur dengan menyandarkan kepala dan bahu lebih tinggi dengan menggunakan bantal. Dengan cara ini, gravitasi akan menjalankan fungsinya untuk menjaga asam dalam perut Anda tetap berada di perut, bukan di kerongkongan. Cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengetahuan tambahan tentang cara untuk mengurangi rasa mulas di malam hari.
  • Jangan memakai pakaian ketat. Sesak di sekitar pinggang dan perut akan memicu mulas dan menyebabkan rasa tidak nyaman.
  • Ketika membungkuk, lakukan dengan lutut, jangan di pinggang. Ini akan menghindari banyaknya tekanan dalam perut.
  • Jangan membungkuk, lebih baik duduk tegak di kursi santai.
  • Jagalah berat badan Anda, berat badan berlebihan dan terlalu gemuk akan memberikan lebih banyak tekanan di perut Anda. Hal ini akan memaksa seluruh isi perut melewati LES dan kemudian menuju kerongkongan. Patuhilah selalu petunjuk dokter.
  • Hindari merokok. Para dokter menyebutkan bahwa merokok dapat menyebabkan beberapa efek kepada wanita hamil, yang dapat menambah kemungkinan terjadinya mulas.

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location