kehamilanda beberapa wanita yang berduka setelah keguguran untuk waktu yang lama, dimana mereka siap untuk hamil kembali tanpa melihat ke belakang dalam waktu 6 bulan atau lebih. Tetapi ada beberapa wanita akan mencoba untuk hamil lagi dalam waktu singkat sebagai jalan untuk mengobati duka setelah keguguran. Tiap wanita berbeda, banyak fakta bahwa untuk hamil setelah keguguran itu berat walaupun kehamilan itu sendiriĀ  berhasil. Bayi yang baru adalah berkat dan ingatan akan keguguran yang lalu dapat menghantui sang ayah dan ibu untuk waktu yang lama. Perasaan yang bercampur aduk merupakan hal yang wajar, meskipun begitu tidak ada salahnya untuk menyambut bayi yang baru ketika Anda merindukan bayi yang dahulu keguguran.


Kebanyakan dokter akan memberitahu para ibu untuk menunggu beberapa saat sebelum mencoba hamil kembali setelah keguguran. Itu akan membantu mengatasi perasaan emosional, dan memberi waktu pada tubuh untuk siap hamil kembali. Keguguran kadangkala terjadi sangat dini, tapi masih meninggalkan trauma pada tubuh. Keguguran yang terjadi antara minggu ke 12 dan 20 akan menimbulkan trauma pada fisik dan batin, dan membuat tubuh tidak siap untuk hamil kembali secara langsung, bahkan ketika kehamilan itu berhasil. Pertimbangkan untuk menunggu paling tidak 3 bulan setelah keguguran untuk hamil kembali, tapi 6 bulan merupakan waktu yang lebih ideal.

Beberapa wanita akan dapat hamil dalam waktu singkat setelah keguguran, tetapi ada beberapa yang tidak. Tubuh bertugas melindungi dirinya, anggaplah ini merupakan sistem pertahanan untuk bayi yang baru. Anda pasti menginginkan agar tubuh Anda sembuh total dan dapat mengandung bayi yang baru tanpa khawatir akan keguguran. Jika Anda tidak yakin untuk hamil setelah keguguran, konsultasikan dengan dokter bidan Anda tentang apa yang harus dilakukan agar Anda siap untuk hamil kembali.

Ketika Anda telah hamil lagi, Anda akan mendapati perasaan yang bercampur. Anda akan merasa gembira akan bayi baru Anda, tetapi juga merasa takut untuk keguguran lagi. Kadangkala, keguguran terjadi karena ada masalah kromosom pada bayi, ini merupakan hal yang sering terjadi dan Anda tidak dapat berbuat sesuatu padanya. Tetapi, ada alasan lain mengapa Anda keguguran dan penting untuk mengetahuinya agar Anda dapat mecegahnya agar tidak terjadi kembali, contohnya seperti cervix yang tidak lengkap atau progresteron yang rendah. Kedua faktor tersebut dapat diatasi dan Anda tetap dapat hamil setelah keguguran.

Yang terakhir, Anda mungkin dihantui rasa bersalah ketika Anda hamil setelah keguguran. Anda mungkin merasa bahwa kegembiraan atas bayi yang baru menandakan Anda tidak peduli pada bayi yang telah gugur. Ingatlah bahwa itu bukan demikian, bayi yang satu tidak menggantikan lain dan tempat khusus di hati Anda dimana Anda menyayangi bayi yang telah gugur tidak akan tergantikan oleh bayi yang lain. Jangan merasa bersalah dan jangan merasa Anda melakukan sesuatu yang salah. Jika perasaan itu menimbulkan depresi selama kehamilan, pastikan untuk menemui seseorang yang dapat membantu Anda mengatasi perasaan tersebut.