Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamilenanti kelahiran bayi dapat menjadi suatu hal yang sangat membahagiakan bagi kehidupan seorang wanita. Hanya dalam beberapa bulan saja, seorang ibu sudah bisa menggendong bayinya di lengannya. Selain sebagai tambahan untuk bisa menjadi sesorang yang berpengalaman, kehamilan juga bisa menjadikan seseorang menjadi lemah. Karena tubuh berubah secara

cepat selama beberapa bulan, kehamilan digantikan oleh pengalaman ibu hamil seperti kram, mual, sakit, dan sembelit.

Sembelit adalah isu yang telah berkembang luas diantara ibu hamil. Satu di antara tiga isu kesehatan tertinggi yang dihadapi oleh ibu hamil adalah sembelit, menurut survei dari YouGove in 2005. Informasi ini sangat diharapkan karena bisa mengatasi beberapa hal yang terjadi perubahan di dalam tubuh. Ketika sedang hamil, seorang wanita akan mengidam makanan tertentu dan merubah kebiasaannya juga. Tetapi sayangnya beberapa dari mereka menderita sembelit karena mereka tidak boleh mengonsumsi obat pencahar pada situasi sekarang ini.

Sisi baiknya, artikel ini akan mengajari Anda, bagaimana cara mengatasi sembelit. Di bawah ini adalah wawasan untuk penyembuhan dari sembelit:

Serat untuk mengatasi sembelit

Sambil menunggu anak Anda lahir, Anda dapat memperbaiki sistem pencernaan Anda. Makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayuran akan membantu mengatasi sembelit jika jenis sembelit Anda tergolong diare atau kotoran basah. Cara lain untuk mengatasi sembelit ini adalah dengan mengganti tiga makanan berat sehari dengan makanan ringan.

Cairan dan sembelit

Cairan akan membuat gumpalan kotoran menjadi lebih lunak yang semula terlalu keras. Sangat disarankan Anda minum 7-8 gelas air sehari untuk dapat mengatasi sembelit. Anda juga bisa minum cairan lain yang mengandung air, tetapi air murni bekerja paling baik untuk sembelit.

Olahraga dan sembelit

Walaupun bergerak akan membuat Anda tidak nyaman, tetapi olahraga adalah salah satu solusi mengatasi sembelit. Untuk penyembuhan yang aman, olahraga ringan seperti yoga dan berjalan sebaiknya dilakukan. Hanya dengan 20-30 menit berolahraga, tiga kali dalam seminggu adalah kegiatan minimal yang harus dilakukan untuk menjaga penampilan tetap langsing sekaligus menjadi senjata untuk melawan sembelit.

Sembelit dan suplemen Antenatal

Sembelit dan suplemen tidak selalu bekerja dengan baik. Beberapa suplemen akan membahayakan Anda dan juga bayi Anda yang belum lahir walaupun dapat sedikit meringankan sembelit. Anda sebaiknya minum cairan yang disarankan oleh dokter jika Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi.

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location