Mengatasi Jadwal yang Baru

Sibukkan ada hari-hari di mana ketika Anda membawa pulang bayi yang baru, Anda akan berpikir bahwa Anda tidak akan dapat tidur dengan nyaman lagi. Pada saat itu, cobalah untuk beristirahat dan tidur ketika Anda mempunyai kesempatan. Bayi tidak akan tidur pada malam hari selama

beberapa minggu, bahkan beberapa bulan pertama. Sebelum ia menyesuaikan jadwal pada siang dan malam hari, Anda tidak akan dapat tidur dengan nyenyak.

Hingga sang bayi tidur pada malam hari, cobalah untuk tidur juga ketika ia tidur. Banyak ibu baru yang mencoba untuk melakukan segala sesuatunya sekaligus dan mulai membersihkan atau mencuci pakaian setelah sang bayi tidur. Anda hanya akan menjadikan diri Anda lelah jika Anda mencoba menjadi ibu super.

Jika memungkinkan, mintalah bantuan untuk membersihkan rumah dan mencuci selama minggu-minggu pertama. Cobalah meminta teman atau kerabat yang dapat membantu untuk menjaga bayi selama sore hari sehingga Anda dapat beristirahat dengan nyaman. Ambillah kesempatan ini sesaat ketika mungkin.

Ketika Anda sibuk sepanjang hari dengan mengurus bayi, melakukan pekerjaan rumah tangga dan bahkan mengurus saudara yang lain juga, maka akan sulit untuk menenangkan diri karena orang-orang yang lain sudah tertidur.

Buatlah rutinitas yang dapat membantu Anda rileks pada malam hari. Mandilah dengan air hangat karena air hangat dapat menstimulasi dan mainkan musik yang merelaksasikan pikiran. Walaupun Anda sedang tidak menyusui, hindarilah kafein pada siang hari, terutama pada malam hari. Minumlah air atau minuman tidak berkafein atau teh herbal.  Jika makanan yang mengandung banyak pengawet atau sodium dapat membuat Anda gelisah maka hindarilah. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan alami seperti salad, sayuran hijau, buah-buahan dan sup sayuran yang hangat.

Jika ada kesempatan, cobalah untuk keluar rumah dan berjalan kaki sebentar tiap harinya. Udara yang sejuk dan olahraga ringan akan membantu Anda dan bayi Anda merasa relaks dan membuat Anda dapat tidur dengan nyenyak pada malam hari.