Mengapa Wanita Hamil Menderita Varises Pembuluh Darah?Tidak ada seorang pun menginginkan varises pembuluh darah. Wanita hamil sudah cukup banyak masalahnya tanpa harus ditambah lagi oleh masalah varises tersebut. Jadi, mengapa wanita hamil pada umumnya mengalami hal itu dari waktu ke waktu?

Pembuluh darah mengalirkan darah dengan arah  melawan

gaya gravitasidengan cara mengembalikan darah dari ekstrimitasmenuju jantung. Ketika terdapat peningkatan tekanan pada pembuluh darah tersebut,maka pembuluh darah tersebut akan gagal untuk membuat darah mengalir menuju satu arah. Ini akan menyebabkan pembuluh menjadi tebal dan bengkak serta nampak berwarna kebiruan atau ungu di bawah kulit.

Anda dapat melihat serta merasakan pembuluh tersebut dan bahkan pada beberapa orang akan terasa menyakitkan . Wanita hamil rentan untuk menderita varises pembuluh darah karena peningkatan tekanan dan perubahan dalam tubuh sebagai akibat dari mengandung bayi.

Kehamilan akan menyebabkan perubahan keseimbangan hormon dalam tubuh. Tingkat estrogen dan progesteron akan meningkat dengan drastis, dan peningkatan progesteron dapat menyebabkan pembuluh menjadi  rileks. Mereka akan meningkatkan volume darah karena adanya bayi di dalam kandungan, dan ini dapat menyulitkan darah untuk bergerak naik menuju pembuluh darah.

Seiring dengan perut Anda yang membesar, akan terdapat lebih banyak tekanan pada abdomen dan pembuluh darah besar pada sisi kiri tubuh (pembuluh balik besar bawah), dan tekanan ini akan merambat pada pembuluh kaki. Jika Anda wanita hamil yang mempunyai rutinitas pekerjaan yang membutuhkan berdiri untuk jangka waktu yang lama, maka tekanan tersebut akan lebih bertambah. Pembuluh darah berbentuk sarang laba-laba (spider veins) juga dapat terjadi pada pembuluh darah yang lebih kecil pada kaki, bagian bawah kaki, dan wajah karena adanya peningkatan di dalamnya.

Untuk para wanita yang merasa terganggu dengan hal tersebut tidak perlu kuatir , karena varises pembuluh darah tersebut akan hilang dalam beberapa bulan setelah terjadi. Ketika kelebihan berat dan volume darah telah normal maka aliran darah akan menjadi normal kembali.

Tetapi, ada beberapa hal yang wanita dapat lakukan ketika mereka sedang hamil untuk mengurangi kemungkinan menderita varises pembuluh darah serta untuk mengurangi jumlahnya.

  • Buatlah kaki Anda terangkat - Ketika Anda duduk, angkatlah kaki Anda sejajar , karena hal ini akan membantu memudahkan aliran darah untuk kembali naik ke atas menuju jantung.
  • Pakailah baju kompresi - Jika Anda harus berdiri, baju kompresi dapat membuat darah mengalir pada arah yang benar. Kenakan baju atau kaus kaki kompresi ketika Anda masih di atas tempat tidur dan sebelum kaki Anda menginjak tanah untuk hasil yang maksimal.
  • Lawanlah keinginan untuk menyilangkan kaki Anda - Ini akan lebih menghalangi aliran darah untuk kembali menuju jantung. Buatlah agar kaki selurus mungkin.
  • Olahraga - Hamil bukan berarti Anda tidak dapat berolahraga untuk meningkatkan kesehatan Anda. Olahraga baik untuk Anda dan bayi Anda, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular juga dapat menjadikan pembuluh lebih elastis dan lebih kebal terhadap pembekuan darah atau aliran darah terbalik.

Dalam tiap kehamilan, risiko varises pembuluh Anda akan meningkat, tetapi tips di atas dapat membantu Anda menghindarinya pada kehamilan berikutnya.