Manfaatkan Masa Ovulasi dengan Baikika Anda dalam perencanaan kehamilan, Anda dan pasangan harus memanfaatkan masa ovulasi. Tubuh Anda hanya berovulasi sekali atau dua kali dalam sehari, ada peluang lebih besar di sekitar hari tersebut untuk hamil. Anda dan pasangan tidak perlu melakukan senggama tepat pada hari ovulasi, jadi sebenarnya Anda mempunyai peluang lebih besar dari yang Anda kira. Jika Anda tahu bagaimana cara memanfaatkan peluang selama

5 hari ini, Anda dapat hamil lebih cepat, menghindari frustasi dan kekhawatiran. Anda hanya perlu mempelajari bagaimana tubuh bekerja dan berfungsi.

Hari ovulasi adalah hari ke 14 siklus menstruasi Anda. Siklus dimulai dari hari pertama menstruasi dan berakhir sehari sebelum menstruasi berikutnya terjadi. Tidak semua wanita memiliki hari ovulasi yang sama. Tidak semua juga menstruasi setiap 28 hari. Ada yang punya siklus sampai 6 minggu, yang artinya ovulasi bukan terjadi di hari ke 14, sehingga harus menghitung mundur 2 minggu dari hari menstruasi pertama untuk mengetahui hari ovulasinya. Hari ovulasinya bisa jadi hari ke 21 atau ke 28.

Ketika kita mengetahui hari apa kita berovulasi, maka kita dapat merencanakannya. Harap diingat bahwa ini merupakan perkiraan saja. Walaupun Anda berovulasi secara teratur di hari ke-14, ovulasi bisa saja terlambat atau lebih cepat dari biasanya di bulan-bulan tertentu. Setelah beberapa bulan ovulasi teratur, kita dapat merencanakan pembuahan menurut tanggal ovulasi, selama menyadari bahwa tanggal ini bisa salah dan belajar untuk mengenali tanda-tanda tubuh. Ada yang bisa mengenali kapan tubuhnya berovulasi, walaupun ini sangat jarang.

Masa ovulasi adalah hari yang mengawali ovulasi dan hari berikutnya, walaupun hari berikutnya tidak terlalu efektif, namun mungkin saja berhasil. Pasangan sebaiknya merencanakan senggama setiap hari selama 5 hari sebelum ovulasi dan pada hari ovulasi itu sendiri. Jika pasangan pria memiliki jumlah sperma sedikit, maka dapat melakukan senggama dua hari sekali agar jumlah sperma yang masuk menjadi lebih banyak. Senggama setelah hari ovulasi amat jarang menyebabkan kehamilan, kecuali di dalam rentang waktu 12 jam setelahnya.

Wanita akan menghasilkan sejenis cairan di mulut rahim yang akan membuat sperma pria sehat dan hidup sampai 5 hari sementara tubuh bersiap-siap untuk ovulasi. Bagi beberapa wanita, mereka hanya memproduksi cairan ini 3 hari sebelum ovulasi, namun rata-rata wanita memproduksi 5 hari. Inilah masa terbaik untuk bersenggama. Cairan ini adalah salah satu indikasi bahwa ovulasi mereka siap datang, dan ketika cairan ini hilang, ia tahu bahwa ia sudah berovulasi. Jika Anda mengikuti petunjuk sederhana ini, niscaya peluang Anda menjadi hamil akan lebih besar.

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location