Kehamilan Remaja cap=A]ngka kehamilan remaja di Amerika Serikat masih tetap tinggi. Ada sekitar 1 juta remaja yang hamil setiap tahun. Sebanyak 5% dari semua gadis remaja telah  memiliki bayi dan 13% dari gadis remaja yang memiliki bayi tersebut adalah remaja yang masih berusia belasan tahun.

Kehamilan remaja adalah masalah sosial dan psikologis yang harus dihadapi oleh para orangtua dan masyarakat. Ibu remaja dan anaknya akan memiliki risiko kesehatan yang serius. Mereka seringkali tidak menyelesaikan pendidikan mereka di sekolah menengah, dan seandainya mereka lulus mereka biasanya tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Remaja yang menjadi ibu memiliki risiko yang lebih tinggi untuk hidup di bawah garis kemiskinan. Hampir 25% dari remaja yang telah memiliki satu anak akan hamil lagi dalam waktu 2 tahun. Ibu remaja memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap masalah sosial dan emosional. Daftar tentang masalah kehamilan remaja cukup mencengangkan dan biaya yang harus ditanggung oleh masyarakat sangat tinggi. Masyarakat ikut merasakan efek dari ibu remaja yang tidak dapat mencari nafkah untuk membiayai diri mereka sendiri dan bayi mereka. Mereka tidak memiliki pendidikan dan pengetahuan yang cukup serta belum cukup matang untuk membesarkan seorang anak.

Kehamilan remaja sering menimbulkan risiko kesehatan bagi bayi seperti kenaikan berat badan ibu yang buruk ketika hamil yang dapat menyebabkan kematian bayi, berat lahir bayi yang rendah, serta terjadinya gangguan masa kanak-kanak seperti perkembangan saraf yang buruk. Bayi dengan berat lahir rendah memiliki risiko yang lebih tinggi menderita perdarahan di dalam otak, sindrom gangguan pernapasan dan masalah usus. Ibu remaja umumnya memiliki kebiasaan makan yang buruk dan cenderung mempunyai kebiasaan merokok, minum atau memakai obat-obatan ketika hamil. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka cenderung tidak memeriksakan kehamilan secara teratur karena mereka memang menyembunyikan kehamilan pada trimester pertama.

Selain tingginya tingkat resiko pada bayi, anak-anak cenderung tidak menerima nutrisi, perawatan kesehatan dan stimulasi sosial yang tepat. Anak-anak memiliki risiko yang lebih besar mengalami siksaan dan cenderung terlantar. Kecenderungan anak gadis mereka untuk menjadi ibu di usia remaja sebesar 22%, dan anak laki-laki mereka sekitar 13% nya masuk penjara.

Menjadi seorang ibu remaja berarti harus membiasakan diri dengan cara hidup yang baru. Anda bertanggung jawab untuk merawat anak Anda dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Remaja yang mendapatkan dukungan dari keluarga atau orang dewasa lain dapat menurunkan risiko terhadap kesehatan mereka sendiri dan pada kesehatan bayi dan anak mereka. Ada banyak sumber daya di dalam setiap masyarakat, dan remaja yang mendapati dirinya hamil harus siap untuk membuat keputusan seperti pola pikir orang dewasa yang akan mempengaruhi kehidupan anak mereka.

Kehamilan remaja merupakan masalah yang penting bagi keluarga, masyarakat dan bangsa kita. Bila 13% dari semua kelahiran adalah hasil dari kehamilan remaja dan dilahirkan dalam situasi yang membuat mereka memiliki risiko yang lebih tinggi untuk memperoleh kesehatan dan pendidikan yang buruk, hal itu akan menghasilkan dampak yang signifikan pada populasi orang dewasa yang suatu saat nanti akan menjalankan negara kita ini.

Ini adalah tanggung jawab kita untuk memberikan dukungan, pendidikan, kesehatan, dan kesempatan kepada mereka, sehingga mereka dapat membesarkan anak mereka dengan cara yang baik.