Makanan kehamilanKebiasaan makan sehat selama kehamilan Anda adalah hadiah terbesar yang bisa Anda berikan kepada bayi Anda yang akan lahir, namun juga terdapat banyak manfaatnya untuk Anda. Sudah biasa jika banyak ibu yang lupa bahwa mereka juga akan mendapatkan keuntungan dengan kebiasaan makan sehat selama kehamilan mereka. Apa yang Anda makan memiliki efek langsung karena bagaimana tubuh Anda mengatasi dan memulihkan diri dari semua perubahan fisik yang dilaluinya. Hal ini juga membantu menghadapi tantangan secara fisik dan emosional dalam mengandung dan melahirkan seorang bayi.

Nyatanya, sebagian besar wanita hamil jarang sekali melewati masa kehamilan sembilan bulan dengan berseri-seri seperti yang dibicarakan setiap orang. Tiga bulan pertama kehamilan sebagian dari kita melewatinya dengan keletihan yang terpancar. Pada trimester kedua keadaannya menjadi lebih baik dan kita tidak lagi merasakan keletihan tapi harus mengatasi masalah lain seperti varises dan kram kaki.

Pada trimester ketiga kita kembali lagi menghadapi keletihan dan masalah lain seperti pembengkakan dan rasa panas dalam perut (heartburn). Sebagian dari masalah-masalah ini dapat dihindari dengan melakukan diet yang baik. Memakan makanan yang memiliki karbohidrat yang kompleks dapat membantu mengurangi kelelahan Anda dan tidak memakan makanan berlemak akan membantu mengatasi rasa panas dalam perut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita hamil yang makan dengan sehat selama kehamilan mereka biasanya memiliki kehamilan yang aman tanpa komplikasi. Penelitian juga menunjukkan bahwa komplikasi kehamilan seperti preklamsia atau tekanan darah tinggi dapat langsung berhubungan dengan kekurangan yang ada dalam diet wanita hamil. Kadar gula dan lemak tak jenuh ganda yang tinggi meningkatkan risiko ini, begitu juga dengan rendahnya asupan vitamin C, E dan magnesium.

Bagi sebagian wanita mungkin salah satu manfaat terbesar dari kebiasaan makan sehat selama kehamilan mereka adalah bahwa hal ini dapat membantu mereka pada saat persalinan dan proses melahirkan berlangsung. Diet kehamilan yang seimbang dikatakan dapat membantu mencegah persalinan prematur yang terjadi sebelum kehamilan berusia 37 minggu. Diet yang baik juga dapat membantu Anda mengatasi masa persalinan dan melahirkan dengan lebih baik. Setiap wanita yang pernah melahirkan tahu seberapa besar energi yang dibutuhkan untuk bertahan melewati masa kontraksi berjam-jam dan kadangkala waktu mendorong bayi keluar menghabiskan waktu berjam-jam. Kebiasaan makan sehat dapat memastikan bahwa Anda memiliki energi dan stamina untuk melewati masa kelahiran si kecil.

Setelah Anda melahirkan bayi Anda, masih sangat penting untuk melanjutkan kebiasaan baik Anda dengan makan makanan sehat terutama pada masa pasca melahirkan. Tubuh Anda membutuhkan banyak sumber daya untuk pulih dari semua peregangan, kehilangan darah dan kekurangan tidur serta harus merawat bayi yang baru lahir. Sama pentingnya juga dilakukan pada bulan-bulan setelah melahirkan untuk terus membiasakan makan makanan sehat. Seperti dokter saya menjelaskan bahwa penting untuk dibiasakan makan seperti saat Anda sedang hamil setidaknya selama tiga bulan setelah melahirkan.

Bonus tambahan terakhir dari kebiasaan makan sehat selama kehamilan Anda adalah bahwa Anda mungkin tidak akan berhenti dari kebiasaan makan sehat ini. Hal ini menyiapkan dasar untuk membiasakan makan sehat seumur hidup tidak hanya untuk Anda tapi juga untuk anak-anak Anda. Jika Anda meneruskan kebiasaan makan sehat berarti Anda sedang membentuk diri sebagai contoh teladan bagi anak-anak Anda.

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location