Saat mengandungBeberapa obgyn akan berkata bahwa pertambahan berat badan yang ideal pada saat mengandung adalah berkisar antara 6-13 kg. Beberapa wanita berat badannya bertambah melebihi fakta diatas dan ada beberapa yang kurang dari fakta diatas. Namun bagaimana Anda dapat mengerti bahwa berat badan Anda bertambah terlalu cepat selama mengandung? Bertambahnya berat badan yang terlalu berlebih meningkatkan risiko kelahiran melalu operasi Cesar (C-section)dan berisiko mengalami kelebihan berat badan sesudah melahirkan.


Beberapa dokter mengatakan bahwa jika Anda mempunyai berat badan ideal dan berat badan Anda bertambah lebih dari 1,5 kg per bulan selama masa trimester pertama maka dapat dikatakan bahwa pertambahan berat badan Anda terlalu cepat. Jika Anda kelebihan berat badan dan mengalami peningkatan lebih dari 1 kg per bulan maka pertambahan berat badan Anda terlalu cepat. Ingatlah selalu,bahwa jika Anda mengalami peningkatan berat badan yang banyak selama masa trimester pertama, bukan berarti Anda akan terus mengalami peningkatan berat badan yang banyak selama masa mengandung.

Beberapa wanita mengalami pertambahan berat badan yang banyak pada  trimester pertama karena rasa mual(tanda kehamilan) yang mereka alami menyebabkan mereka hanya bisa memakan karbohidrat dan tetap saja pada akhir kehamilannya mereka bertambah berat tidak lebih dari 13 kg. Jika kenaikan berat badan Anda tidak mengalami penurunan saat Anda memasuki trimester kedua, maka ada beberapa saran-saran yang bisa Anda lakukan untuk melambatkan pertambahan berat Anda.

Pertama, kurangi makan kalori.

Berdiet pada saat hamil bukan merupakan ide bagus, namun jika Anda mengalami pertambahan berat badan yang banyak, Anda perlu melambatkan pertumbuhan berat badan Anda. Lakukan beberapa strategi untuk mengurangi konsumsi kalori Anda, seperti meminum susu skim daripada susu biasa, tidak memakan kulit ayam. Dan memasak dengan cara memanggang lebih baik daripada menggoreng ataupun menumis. Anda juga perlu mengurangi makanan yang manis. Ada beberapa makanan yang manis yang tidak mengandung gizi dan tidak berguna untuk Anda dan bayi Anda.

Selanjutnya, kurangi konsumsi makanan berlemak.

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi dan berapa kandungan lemak didalamnya. Beberapa salad dressing mungkin mengandung lemak, jadi sebisa mungkin hindari sausnya. Perhatikan berapa banyak minyak yang Anda gunakan untuk memasak dan juga bila Anda makan diluar. Selalu gunakan minyak yang bagus seperti minyak zaitun extra virgin (extra virgin olive oil).

Aktiflah! Anda bisa mengalami kenaikan berat badan yang cepat jika Anda tidak aktif.

Selama dokter Anda memperbolehkannya, mulailah program jalan. Berjalan-jalan merupakan salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk Anda dan bayi Anda. Tidak hanya membantu pada masalah berat badan namun beberapa wanita dan dokter berkata dengan yakin bahwa berjalan-jalan pada saat Anda hamil bisa membantu Anda mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Jika Anda tidak bisa melakukan jalan-jalan karena faktor cuaca maka Anda bisa bergabung dengan kelas senam hamil.

Yang terakhir, perhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Banyak orang yang tidak memperhatikan apa yang mereka makan dan mereka jadi terlalu banyak makan tanpa mereka menyadarinya. Berapa banyak Anda duduk menonton film sambil mengudap keripik kentang dan tanpa Anda menyadari telah menghabiskan satu kantong besar? Coba untuk selalu makan di meja makan dan nikmati makanan Anda.

Walaupun Anda makan untuk Anda dan bayi Anda, namun kenaikan berat badan yang ideal akan membantu proses kelahiran dan pemulihan Anda dengan mudah, juga proses penurunan berat badan setelah masa kelahiran bisa dengan mudah dilakukan.