Kanker Pankreasasil diagnosa di  Amerika Serikat, kanker pankreas, lebih dari 29 orang setiap tahun meninggal karenanya  dan lebih dari 60 ribu orang di Eropa. Kanker ini merupakan kanker pembunuh keempat setelah tiga kanker yang lain.

Mengidap penyakit serius seperti kanker pankreas tidaklah mudah, beberapa orang mungkin menemukan kesulitan dalam mengatasi penyakit mereka dari segi emosional dan

segi teknisnya. Orang yang mengidap kanker pankreas mungkin cemas dengan masa depan mereka. Mereka mungkin cemas mengenai bagaimana merawat diri mereka atau keluarga mereka, bagaimana mempertahankan pekerjaan mereka atau melanjutkan aktivitas sehari-hari mereka. Kekhawatiran tentang pengobatan dan penanganan efek samping, rawat inap dan tagihan kesehatan juga merupakan hal yang umum.

Penderita kanker lainnya bergabung dengan kelompok pendukung dimana anggota keluarga berkumpul untuk berbagi pengalaman tentang apa yang telah mereka pelajari, tentang bagaimana mengatasi penyakit mereka dan tentang efek dari suatu pengobatan. Mengetahui dan mempelajari lebih banyak tentang apa yang sedang Anda hadapi akan selalu meringankan beban dan membantu persiapan penderita kanker, tidak hanya secara praktek saja tetapi juga secara fisik dan emosional.

Kanker pankreas ini ditunjukkan dengan pertumbuhan tumor ganas dalam kelenjar pankreas. Sekitar 70% dari kanker pankreas terjadi di kepala pankreas, dan sebagian besar dimulai pada saluran yang membawa enzim. Meskipun penyebab pasti dari kanker pankreas tidak diketahui, merokok merupakan faktor penyebab utama. Penelitian menunjukkan bahwa perokok berisiko terkena kanker pankreas tiga kali lebih sering dibandingkan dengan non-perokok.

Kanker pankreas lebih sering disebut sebagai penyakit "yang diam" karena kanker pankreas ini biasanya tidak menimbulkan suatu gejala. Jika tumor menyumbat saluran empedu umum dan empedu tidak bisa masuk ke dalam sistem pencernaan, kulit dan bagian putih dari mata bisa menjadi kuning dan warna air seni bisa menjadi lebih gelap, kondisi ini disebut sebagai penyakit kuning. Saat kanker tumbuh dan menyebar, rasa nyeri sering muncul di perut bagian atas dan kadang-kadang menyebar ke punggung. Rasa sakit bisa menjadi lebih buruk dirasakan oleh banyak  orang adalah saat setelah makan atau berbaring. Kanker pankreas juga dapat menyebabkan mual, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, dan pelemahan kondisi tubuh.

Pengobatan kanker tergantung pada faktor-faktor
seperti jenis, ukuran, dan luasnya tumor serta usia pasien dan kondisi kesehatannya  secara umum. Pengobatan penyakit ini hanya akan manjur apabila penyakit ini ditemukan pada tahap awal sebelum penyakit ini telah menyebar, kalau tidak, penyakit ini akan sulit untuk disembuhkan. Bagaimanapun juga, penyakit ini bisa diobati, gejalanya dapat diredakan, dan kualitas hidup pasien dapat ditingkatkan. Perawatan penyakit ini bisa berupa operasi, terapi radiasi, atau kemoterapi.  Terapi biologi juga sedang dipelajari oleh para peneliti untuk melihat apakah hal tersebut bisa membantu pengobatan penyakit ini.

Belajar untuk hidup dengan beberapa perubahan yang diakibatkan oleh kanker akan menjadi lebih mudah ketika penderita kanker ataupun mereka yang peduli dengan penderita kanker  memiliki informasi yang membantu dan layanan dukungan. Penderita kanker dapat mencari bantuan dari lembaga lokal dan nasional yang membantu melalui dukungan emosional, bantuan keuangan, transportasi, atau perawatan di rumah.