Tentang kesehatan

Rongga mulut atau mulut terdiri dari banyak bagian ; bibir, lapisan dalam bibir dan pipi (mukosa bukal); gigi, bagian bawah (lantai) mulut di bawah lidah; daerah bertulang di atas mulut (plat keras) ; gusi ; dan daerah kecil di belakang gigi bungsu. Orofaring meliputi sepertiga belakang lidah, langit-langit lunak, amandel, dan belakang tenggorokan. Kelenjar ludah di seluruh rongga mulut memproduksi ludah yang menjaga mulut tetap basah dan membantu mencerna makanan.

Kanker mulut adalah setiap pertumbuhan jaringan

kanker di dalam mulut. Awalnya mungkin sebagai suatu lesi primer yang berasal dari jaringan mulut mana saja, karena metastasis (penyebaran kanker) dari bagian yang jauh dari asalnya, atau melalui perpanjangan dari struktur anatomis terdekat seperti rongga hidung atau sinus maksilaris. Kanker mulut dapat berawal dari jaringan mulut yang mana saja, dan dapat beraneka ragam sesuai jenis histologisnya. Kanker mulut yang paling umum adalah karsinoma sel skuamosa, yang berasal dari jaringan yang melapisi mulut dan bibir. Kanker mulut atau oral kebanyakan melibatkan jaringan bibir atau lidah, namun juga dapat terjadi di lantai mulut, lapisan pipi, gingiva (gusi), atau langit-langit. Karsinoma sel skuamosa itu ganas dan cenderung menyebar dengan cepat.

Gejala dari penyakit ini diantaranya : bercak putih, campuran antara merah dan putih, atau merah, di dalam mulut atau bibir : bercak putih (leukoplakia) adalah yang paling umum. Bercak putih kadang menjadi ganas; bercak merah dan putih campuran (erythroleukoplakia) lebih mungkin dibandingkan bercak putih menjadi ganas ; bercak merah (erythroplakia) warnanya cerah, daerah halus yang sering menjadi ganas; sebuah luka di bibir atau mulut yang tidak dapat sembuh ; pendarahan di mulut ; gigi tanggal ; kesulitan atau kesakitan saat menelan ; kesulitan memakai gigi palsu ; benjolan di leher ; sakit telinga.

Penting sekali untuk menemukan dan mendiagnosa kanker mulut sedini mungkin karena penyembuhan paling baik dilakukan sebelum penyakitnya menyebar. National Cancer Institute (NCI) menganjurkan setiap orang untuk ambil bagian dalam deteksi dini penyakit dengan melakukan pemeriksaan diri bulanan. Ini berarti melihat ke cermin dan memeriksa untuk setiap gejala penyakit. Pemeriksaan gigi secara teratur yang meliputi pemeriksaan seluruh mulut juga memainkan peranan penting dalam mendeteksi kanker mulut atau kondisi pra-kanker. Orang harus cukup bertanggung jawab untuk menjadi aktif dalam diagnosis dini dan pencegahan penyakit ini.

Ketika seseorang di didiagnosis dengan kanker mulut, atau kanker apapun, mereka harus merasa bebas untuk menanyakan kepada dokter tentang kemungkinan pemulihan dan informasi penting lainnya mengenai kondisi mereka. Walaupun dokter mungkin tidak dapat mengatakan dengan pasti apa yang akan terjadi, pasien kanker  akan dipandu dan disarankan dengan sesuai untuk membantu mengatasi semua kekhawatiran dan keprihatinan yang dapat terjadi.