Tentang kesehatan

Gejala-gejala Kanker Kelenjar Getah Bening (Lymphoma)

Sistem limfatic

Panik bukan merupakan hal yang positif. Bayangkan Anda berlari berkeliling dalam rumah setelah Anda merasakan terdapat benjolan di ketiak Anda. Ada kemungkinan Anda memang menderita lymphoma atau kanker kelenjar getah bening. Namun panik bukanlah merupakan sebuah jawaban. Deteksi dini terhadap situasi ini merupakan tindakan efektif karena perawatan kanker tersebut akan lebih efektif. Kita bisa memeriksa apakah kita mempunyai gejala lymphoma dengan melihat tanda-tandanya. Namun diagnosa yang kita lakukan sendiri bukan merupakan pengganti untuk tes kesehatan yang tepat, efektif dan pasti.

Seperti yang telah disebut sebelumnya, salah satu tanda-tanda lymphoma yang mungkin segera dapat kita temui adalah timbulnya benjolan yang bukan hanya terdapat di ketiak namun juga di leher dan pangkal paha. Namun pembengkakkan kelenjar getah bening bukanlah spesifik menunjuk kepada lymphoma. Ada beberapa hal dan kondisi yang bisa menyebabkan benjolan atau kelenjar getah bening yang membesar.

Tanda-tanda lain adalah berkurangnya berat tubuh secara drastis. Jika Anda mengalami kehilangan berat badan yang tiba-tiba dan tanpa sebab maka kanker kelenjar getah bening bisa merupakan penyebabnya. Walaupun kehilangan berat badan secara drastis bisa juga merupakan indikasi bahwa mungkin ada yang tidak beres dengan kesehatan tubuh Anda jadi Anda perlu mengunjungi dokter untuk diperiksa. Pada penderita kanker kelenjar getah bening, mereka mengalami penurunan berat badan 5 dan bahkan 8 kg hanya dalam jangka beberapa bulan tanpa melakukan olahraga, diet atau mengubah pola makannya.

Demam juga merupakan indikasi kemungkinan lymphoma, lakukan pemeriksaan jika demam datang dan pergi dan terjadi dalam waktu yang lama. Demam biasanya terjadi karena terjadi infeksi pada tubuh. Orang-orang sering keliru menyangka itu adalah infeksi biasa. Sekali lagi perlu ditekankan bahwa sangat disarankan untuk mengunjungi dokter jika Anda mengalami demam.

Tanda-tanda lain adalah berkeringat banyak pada malam hari, ini bukan hanya merupakan gejala unik dari lymphoma namun pasti juga menyebabkan kita merasa tidak nyaman sehingga harus segera diperiksakan. Mereka yang mengalami kebiasaan berkeringat yang tidak normal ini akan terbangun dengan basah kuyup walaupun mereka tidak mengalami mimpi buruk dan tidur dalam ruangan yang tidak panas. Seperti juga keringat berlebih, merasa gatal sekujur tubuh merupakan gejala unik dari lymphoma. Rasa gatal tersebut timbul dari zat kimia yang dilepas dari sel kanker.

Rasa letih dan kehilangan nafsu makan merupakan hal yang dialami penderita lymphoma. Penderita bisa merasakan ini karena sel kanker tumbuh berkembang dan mereka menghisap gizi dari makanan yang Anda makan. Dan dengan berkurangnya nafsu makan Anda maka sel kanker akan menghisap gizi yang disimpan tubuh Anda, jadi secara alami wajar jika Anda merasa lemah.

Hal yang bagus dari ilmu/teknologi kesehatan adalah mereka secara terus menerus mencari obat dari segala penyakit. Lymphoma bisa diobati dan dengan pendeteksian yang dini maka pengobatan bisa lebih efektif dan dengan hasil yang positif. Kita hanya perlu memperhatikan gejala-gejala lymphoma untuk menolong penderita lymphoma agar segera mendapatkan diagnosa dan perawatan yang tepat.

 

Olahraga dan kesehatan