joomplu:975Ganglion kista adalah benjolan yang berkembang pesat di bagian sekitar sendi dan tendon pada tangan dan kaki. Bisa menjadi keras atau kenyal, tergantung berapa lama penyakit ini menderita. Terlihat terbungkus seperti jelly, keras dan besar. Umumnya, kista sendiri, tetapi ada waktu dimana kista dapat memiliki jaringan sendiri berhubungan dengan kista kecil yang ada di dalamnya. Dalam beberapa kasus, kista dapat tumbuh sebesar 4 inci.

Kista ganglion lebih sering terlihat pada wanita yang berumur 20 sampai 40 tahun. Infeksi juga bisa dilihat pada anak-anak di bawah 10 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa 70% dari kista ganglion mungkin muncul terutama pada bagian belakang tangan dan hanya di telapak tangan.

Penyebab: Tidak ada penyebab yang ditemukan untuk kista ganglion, tetapi terdapat gangguan pada sendi dan tendon dapat menyebabkan dan berkembangannya penyakit ini. Cedera pada bagian tubuh merupakan salah satu faktor penyebab kista ganglion. Sebuah penyakit sendi degeneratif diakui sebagai osteoartritis mampu untuk memimpin perkembangan kista ganglion pada tubuh. Osteoarthritis adalah penyebab utama pembentukan kista.

Tanda dan Gejala: Kista ganglion yang jinak, tidak nyeri, berukuran rata-rata kantung cairan, tetapi hal ini dapat menyebabkan rasa sakit ringan terutama bila ukurannya meningkat dan menekan saraf di dekatnya jika tidak segera diobati serta akan memperlambat gerakan pada bagian tubuh yang sakit.

Diagnosis: Sebagian besar, pemeriksaan pada benjolan cukup hanya dengan diagnosa. Sebuah peralatan dengan teknologi canggih yang digunakan oleh dokter untuk menghilangkan kista, metode ini dilakukan dengan cahaya melebihi kulit dan benjolan. X-ray mungkin disarankan jika dokter untuk penyakit lainnya, tetapi tidak mudah untuk kista ganglion itu sendiri.

Pengobatan: Kista ganglion sering tidak memerlukan tindakan apapun, mereka mendatangi tempat-tempat pengobatan alternatif atau melakukannya sendiri pijatan-pijatan lembut di daerah kista atau dengan alat-alat tradisional yang diyakini sebagai manajemen pengobatan non-bedah yang aman untuk kista ganglion.