Tentang kesehatan

joomplu:629Walaupun kita menjalankan ibadah puasa bukan berarti kita harus berhenti untuk berolahraga, olahraga dapat terus kita lakukan seperti biasa, namun harus perlu diperhatikan waktu dan jenis olahraga yang sesuai. Apalagi bagi orang yang telah terbiasa berolahraga , berhenti berolahraga akan berdampak bagi kesehatan mereka.

Dengan berolahraga tubuh kita tetap bugar walaupun puasa. Pilihlah jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat.  Hal ini dikarenakan didalam waktu berpuasa cairan yang masuk ke tubuh kita berkurang karena siang hari tidak ada cairan yang masuk ke tubuh kita, untuk itu pilihlah jenis olahraga yang ringan namun bermanfaat besar bagi kesehatan kita.

 

Berikut hal yang harus diperhatikan dalam olahraga selama bulan puasa:

  • Waktu olahraga: Usahakan sore sebelum buka puasa ,satu atau dua jam menjelang berbuka puasa, atau pagi setelah sholat subuh, ini sangat baik karena, makanan baru diolah menjadi energy.
  • Jenis olahraga: Pilihlah olahraga yang ringan dan tidak menguras energy, karena tujuan olahraraga untuk meningkatkan kebugaran, kalau terlalu menguras energy akan berdampak pada kesehatan. Jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu menguras energy, salah satunya Yoga, olahraga ini menjadi favorit saat bulan puasa, selain ringan, manfaatnya juga sangat besar.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga: Jangan terlalu lama olahraga dalam berpuasa cukup satu atau dua jam, karena cairan yang masuk tubuh kita berkurang, jika terlalu lama berolahraga akan semakin banyak cairan yang keluar.

Bagi mereka yang rutin berolahraga dan banyak aktivitas akan sangat membantu jika mereka mengkonsumsi  suplemen makanan, untuk tambahan energy dan tetap bugar walaupun berpuasa.