Tentang kesehatan

Mengontrol Emosi Saat Berpuasa

joomplu:225Marah  itu wajar, sama seperti  perasaan senang, sedih dan takut. Marah termasuk salah satu emosi dasar yang dimiliki manusia.

Tetapi bukan berarti anda bisa marah dengan lepas kendali, apalagi saat anda tengah menjalankan ibadah puasa, dimana diwajibkan bagi muslim untuk menahan hawa nafsu , salah satunya ialah marah.

 

Selain itu semua emosi juga dapat berdampak pada kesehatan, pada kondisi normal, hati bekerja dengan baik, namun begitu ada emosi negatif berupa kemarahan, hati akan terangsang, bila marah yang sangat berlebihan, hati akan berbalik naik keatas, aliran darah naik naik serta bergolak, kemudian  emosi juga bisa ditimbulkan karena seseorang dihadapkan pada keadaan yang mengecewakan, menggelisahakan atau muncul sebagai akibat penderitaan luka, sakit derita atau nyeri. Emosi sedih dapat mempengaruhi kerja paru- paru.

Selain paru- paru, jantung juga mudah terganggu  emosi negatif ini karena, organ dalam saling berhubungan untuk itu suatu cara yang paling tepat untuk mengurangi emosi yakni dengan berpuasa, selain dapat pahala, puasa juga dapat mengendalikan emosi.

Salah satu syarat puasa yaitu mengurangi emosi, mengurangi emosi juga berdampak positif bagi kesehatan, karena emosi yang meluap-luap dapat menyebabkan kematian, hal ini dapat terjadi karena mereka mengalami penurunan efisiensi mempompa jantung.