Tentang kesehatan

Mengatur Porsi dan Pilihan Makanan Sehat Saat Berpuasa

joomplu:553Saat  bulan puasa makanan yang masuk ketubuh kita berkurang, karena siang hari tidak ada cairan yang masuk, namun kita dapat mengaturnya pada malam hari dan konsumsi makanan yang cepat diolah menjadi energi.

Pada saat berbuka puasa makanlah secukupnya yang terpenting kenyang jangan sampai kekenyangan, kemudian dilanjutkan setelah sholat tarawih makan–makanan pokok atau makan ringan yang lain namun tetap bernutrisi tinggi, misalnya jus, salah satunya jus alpukat. Jus alpukat sangat  baik dikonsumsi karena mengandung serat yang tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh.

Pada saat sahur usahakan makan , karena tidak jarang ada  umat islam yang tidak sahur. Hail ini akan berdampak pada kesehatan, walaupun pada dasarnya selain memiliki tujuan spiritual, puasa juga mengandung  manfaat dan hikmah bagi kehidupan karena puasa itu menyehatkan, baik  secara fisik maupun psikis (kejiwaan).

Badan kesehatan dunia (WHO) menetapkan standar kesehatan yang meliputi empat dimensi yaitu, sehat fisik, psikis, sosial dan spiritual. Walau demikian, kita harus tetap menjaga porsi makan saat kita berpuasa.

 

Berikut cara mengatur porsi makan saat berpuasa:

Berbuka puasa:

Makan –makanan yang mengandung  gula, serat, dan bernutrisi tinggi, hindari makanan yang berkalori tinggi, dan soup sangat baik dimakan saat berbuka puasa.

 

Sesudah shalat isya atau shalat tarawih:

Konsumsi jus setelah sholat isya atau tarawih dua jam sebelum tidur, ini sangat membantu pembentukan sel dalam tubuh.

 

Sahur:

Makan makanan yang mengandung gula yang berlebih, karena gula cepat diolah menjadi energy, tidak membutuhkan waktu yang lama yang bisa digunakan untuk beraktivitas sepuluh jam kedepan.

Olahraga dan kesehatan