joomplu:395Sebagian  besar tubuh  manusia terdiri  atas air, fungsinya tidak lain adalah untuk memperlancar metabolisme di dalam tubuh dan berperan dalam pertumbuhan sel.

Dalam proses metabolisme, ditambah dengan  aktivitas manusia sehari-hari, serta pengaruh lingkungan diperlukan asupan air atau cairan kedalam tubuh sebanyak total minimal delapan liter per hari. Namun, semakin banyak aktivitas  dan mengeluarkan cairan keringat yang banyak, maka dibutuhkan asupan air atau cairan sebanding dengan aktivitas yang dilakukan.

 

Setiap orang tetap harus menjaga asupan  dan komposisi cairan  ditubuhnya, jika terjadi kekurangan cairan  ditubuh kita (dehidrasi), akibatnya bisa berdampak pada kesehatan. Dalam kondisi dehidrasi yang sangat parah dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Pada saat berpuasa, bagi mereka yang menjalankannya, sebaiknya harus tetap menjaga asupan air setiap harinya, walaupun mereka tidak minum dari subuh hingga maghrib. Mengkonsumsi air  atau cairan tetap harus seimbang dan itu bisa dilakukan walaupun dari subuh hingga maghrib tidak minum.

Pada saat  puasa konsumsi air atau cairan ditingkatkan menjadi sepuluh liter dari normalnya delapan liter. Jumlah tersebut ditetapkan karena aktivitas manusia tetap tinggi walaupun bulan puasa, sedangkan pada siang hari tidak ada asupan air atau cairan yang masuk. Selain itu jumlah tersebut untuk mencegah seseorang terkena dehidrasi.

Pada saat berpuasa  umumnya dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis dan tinggi akan kandungan glukosanya. Dan alangkah  baiknya,  pada saat berbuka puasa minum air hangat,  supaya lambung bisa menerimanya. Gula bisa diproses langsung menjadi  energi tanpa membutuhkan waktu yang lama, karena selama puasa keadaan gula dalam darah rendah, kemudian dibarengi minum air putih cukup satu gelas  tujuannya untuk membantu melarutkan gula dan membantu pencernaan dalam dalam mengolah  makanan yang dimakan pada saat berbuka  puasa. Dengan demikian sedikit demi sedikit kadar gula dalam darah akan normal kembali.

Selain air putih,  jenis minuman baik yang lain seperti air teh manis juga  baik untuk membantu pencernaan  dalam mengolah makanan menjadi energi. Disamping itu, jus juga baik dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi, karena Jus airnya banyak, nutrisi dan seratnya  juga tinggi, namun jangan beli Jus pada kemasan karena mempunyai kalori lebih tinggi, sebaiknya bikin sendiri. Selain lebih murah, kalorinya juga lebih rendah. Namun tidak semua minuman dapat mencegah dehidrasi dengan baik.  Sebisa mungkin hindari minuman dingin dan bersoda saat berpuasa, karena minuman jenis ini  tidak baik untuk lambung.

Bagi mereka yang mempunyai aktivitas tinggi dan banyak mengeluarkan keringat, sebaiknya hati- hati dalam memilih minuman pengganti elektrolit tubuh. Bagi mereka yang tidak mempunyai aktivitas tinggi sebaiknya jangan minum minuman pengganti elektrolit tubuh. Untuk mencari minuman pengganti elektrolit tubuh sebenarnya tidak begitu susah dan tidak banyak membutuhkan banyak biaya, karena air kelapa sangat baik untuk pengganti elektrolit tubuh.