Makanan Yang Baik Untuk Sahur

joomplu:23Di bulan Ramadhan ini, umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Menahan lapar dan haus juga beberapa larangan lain dari pagi hari sebelum fajar hingga malam hari setelah matahari terbenam.

Sarapan yang biasa kita konsumsi pada jam 6-8 pagi hari bergeser waktunya ke fajar (3 – 4.30 pagi). Dan sebaiknya makanan yang kita konsumsi dapat membuat kita mampu menahan lapar dan haus tanpa meninggalkan kegiatan harian kita.

Apa sajakah yang sebaiknya dikonsumsi pada saat sahur agar tubuh mendapat nutrisi yang baik bagi kesehatan untuk mendukung kegiatan kita sehari-hari selama lebih dari 12 jam tidak mendapat asupan apapun?

 

Beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk sahur:

Air putih

Sangat baik mengonsumsi air putih pada saat sahur. Selain itu baik juga mengonsumsi teh manis atau susu untuk penambah tenaga.

 

Makanan

Yang dimaksud dengan makanan diatas adalah makanan lengkap: karbohidrat, lauk-pauk, sayur dan buah. Karbohidrat yang baik kita konsumsi adalah Karbohidrat Kompleks karena tidak meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh secara mendadak dan rendah kalori. Selain itu kita akan merasa kenyang lebih lama. Contoh Karbohidrat kompleks adalah : Havermut, roti gandum, kentang (jika dikonsumsi bersama dengan kulitnya).

Jika karbohidrat sudah tersedia, sekarang kita siapkan lauk-pauknya, sebaiknya yang mengandung protein, antara lain: daging, ayam, ikan, tahu dan tempe. Untuk melengkapinya, kita siapkan juga sayuran dan buah, fungsinya adalah sebagai asupan serat bagi tubuh kita.

Demikianlah sebagian makanan yang baik untuk kita konsumsi pada saat sahur untuk mendukung kita melaksanakan ibadah puasa dengan baik.