Tentang kesehatan

Makanan Yang Baik Untuk Sahur dan Buka Puasa

joomplu:496Pada saat buka puasa kita cenderung lebih memilih minuman atau sejenis makanan ringan lainnya, padahal ini sangat tidak baik untuk kesehatan kita.

Setelah seharian penuh kita puasa tubuh kita membutuhkan  nutrisi yang lebih banyak dan makanan yang memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita yakni sayuran, daging segar, ikan dan makanan yang mengadung protein lainnya. Hindari makanan- makanan cepat saji misalnya mie instan, sarden atau sejenis makan cepat saji yang lain.

Selain sayuran dan daging segar, makanan yang baik dikonsumsi dalam buka puasa yakni makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami dan hindari makanan atau jajanan  yang mengandung  bahan pengawet, karena selama berlangsungnya bulan puasa banyak sekali penjual makanan dan jajanan. Pandai- pandailah dalam memilih makanan atau jajanan, karena kebanyakan penjual kurang memperhatikan kwalitas makanan dan mereka cenderung berpikir makanan yang dijual pada bulan puasa pasti laku , tanpa memikirkan kesehatan dan bahan makanan yang akan dijual.

Selain itu, kita juga  harus pandai memilih makanan atau jajanan yang masih dalam keadaan hangat untuk kita sajikan dan bisa membedakan makanan yang lama dan yang baru, karena tidak jarang para penjual mengolah kembali makanan atau jajanan yang tidak habis kemudian menjualnya kembali. Hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan kita, dan usahakan pada saat buka puasa  makanan yang akan dimakan masih dalam keadaan hangat atau benar benar masih segar, mungkin ini tugas para ibu bagaimana cara mengatur waktu memasak supaya anggota keluarga bisa makan dalam keadaan masih hangat.

Pada saat buka puasa  makanlah secukupnya jangan sampai kekenyangan. Karena masih ada aktivitas lain yaitu sholat tarawih. Walaupun bukan suatu kewajiban  namun Tuhan menyuruh kita untuk melaksanakannya. Usahakan untuk sahur makan, makanan yang baru, jangan makan makanan sisa buka puasa, walaupun dihangatkan lagi karena hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan.

Selama bulan puasa sebisa mungkin mengkonsumsi  makanan yang mengandung gula berlebih karena gula sangat berperan penting. Gula lebih cepat diolah dan diproses  menjadi energi daripada makanan lain yang tidak mengandung gula berlebih.

Sangat tepat apabila pada sahur makan makanan  yang mengandung gula berlebih, dan usahakan jangan tidur setelah sholat subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur terbuang sia-sia, mengapa demikian? Pada saat proses makanan diolah menjadi energy waktu yang digunakan selama proses berlangsung  digunakan untuk tidur dan energy  yang sudah jadi terbuang percuma, karena tidak digunakan untuk beraktivitas.

Selain makanan, minuman juga berperan penting dalam proses pembentukan energi, untuk buka puasa  air putih dan teh manis  sudah cukup untuk pembentukan energi, jika terlalu banyak minum minuman  yang lain, energy akan terbuang karena pada malam hari cenderung orang tidak melakukan aktivitas. Kecuali bagi mereka  yang  mempunyai kegiatan khusus dimalam hari. Akan lebih baik lagi kalau mereka mengkonsumsi  suplemen khusus sebagai tambahan energi. Akan tetapi Anda  harus berhati– hati  dalam memilih suplemen makanan, banyak sekali suplemen makanan  yang mengandung bahan kimia. Supaya lebih aman dalam membeli suplemen makanan sebaiknya Anda membeli di apotik atau toko– toko  obat yang sudah terbukti memberikan jaminan keamanan.