image

enciptakan hidup dan lingkungan sehat merupakan sebuah pilihan. Mengambil langkah dalam mengikuti pola hidup hijau dan sehat akan termasuk mengubah lingkungan di tempat di mana Anda tinggal, komunitas yang Anda ikuti, dan akhirnya, membuat perubahan pada dunia ini. Definisi lingkungan bagi Anda dapat saja berupa

tubuh Anda sendiri, rumah, komunitas terdekat Anda, atau yang lebih besar lagi, dunia ini secara global.

Menciptakan lingkungan hidup hijau dan sehat seharusnya dimulai dengan langkah-langkah kecil terlebih dahulu, lalu kemudian membuat langkah-langkah tersebut bersinergi satu sama lain seiring dengan proses yang berjalan dari waktu ke waktu. Dalam pelaksanaannya, ada beberapa area lingkungan Anda yang memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan area lainnya. Sebagai contoh, memasang panel surya pada rumah yang terisolasi dari sinar matahari tentu tidaklah berguna.

Langkah kecil Anda yang pertama untuk menciptakan lingkungan hidup yang hijau dan sehat dapat berupa mematikan semua lampu, kipas angin, serta barang-barang elektronik lain ketika Anda hendak pergi meninggalkan rumah. Hal ini akan mengurangi jumlah energi listrik yang Anda gunakan sebab hal ini berpengaruh terhadap material limbah pembangkitan energi listrik yang dikeluarkan. Selama musim-musim tertentu, seperti musim panas dan dingin, penggunaan sumber energi listrik ini meningkat dengan pesat. Jika setiap orang mematikan lampu dan kipas angin mereka ketika akan keluar rumah, penggunaan energi tentunya akan berkurang secara signifikan.

Pilihan lain untuk mengurangi penggunaan energi ialah dengan mengatur dan membatasi operasional alat pengatur suhu di rumah Anda. Satu derajat lebih rendah jika Anda kepanasan, atau satu derajat lebih tinggi jika Anda kedinginan merupakan salah satu metode yang dianjurkan. Selang beberapa waktu kemudian Anda sudah akan terbiasa dengan perbedaan suhu yang terjadi, dan tentu saja hal tersebut akan membantu Anda mengurangi pengeluaran tiap bulannya untuk biaya listrik. Anda juga dapat meningkatkan efisiensi dari rumah di mana Anda tinggal, sehingga efeknya adalah penghematan dalam penggunaan energi sehari-hari. Untuk membuat alat pengatur suhu menjadi efektif, Anda harus memastikan jendela, pintu, loteng, dan basement rumah Anda terisolasi dengan rapat.

Hal-hal tersebut merupakan langkah-langkah lain untuk menciptakan lingkungan hidup sehat dan mengurangi biaya pengeluaran listrik Anda. Anda dapat menghubungi Perusahaan Peneliti Energi terdekat untuk menganalisa rumah yang Anda tempati. Beberapa perusahaan energi lain juga mungkin dapat melakukan hal yang sama pada rumah Anda. Ketika Anda memutuskan membeli peralatan rumahtangga baru, seperti lemari es atau pemanas air, pastikan semuanya memiliki sertifikat.

Langkah berikutnya untuk memiliki lingkungan hidup yang hijau sehat adalah dengan mulai memikirkan untuk mendaur-ulang bahan-bahan kertas, aluminium, dan produk lainnya yang tidak terpakai. Ada beberapa kota di mana tempat daur ulang bahan seperti aluminium mudah didapatkan dan mereka membeli aluminium yang kita miliki. Bukankah hal ini menarik untuk dijadikan bisnis sampingan? Anda pun akan menginspirasi para tetangga di sekitar rumah untuk bergabung dalam gerakan daur ulang ini.

Mulailah untuk menciptakan pupuk kompos dari bahan-bahan limbah sayur-sayuran Anda. Hal ini memungkinkan Anda memiliki pupuk yang baik untuk berbagai tanaman di kebun dan pot Anda. Hal ini juga akan membuat produksi sampah rumahtangga Anda menjadi minimal, namun di waktu yang sama dapat mempercantik kebun Anda dengan tanaman-tanaman yang subur. Namun ingat Anda tidak dapat membuat pupuk kompos dari bahan-bahan yang berasal dari hewan, seperti daging atau produk susu. Material kompos hanya dapat dibuat dari limbah sayur-sayuran dan buah-buahan.

Langkah kecil lainnya untuk menciptakan lingkungan hidup hijau dan sehat adalah dengan menggunakan air secara efisien. Cobalah untuk tidak berlama-lama ketika mandi dan hanya lakukan mandi dengan durasi yang lama ketika Anda bekerja sangat berat seharian. Rajinlah memeriksa dan memperbaiki keran air dan toilet rumah Anda yang rusak sebab kerusakan sekecil apapun dapat saja menambah waktu yang Anda butuhkan ketika mandi. Dengan begitu, Anda pun akan lebih hemat saat menerima tagihan penggunaan air. Cobalah juga untuk menggunakan tandon air untuk menampung air hujan. Air hujan ini dapat berguna untuk menyirami tanaman-tanaman di kebun Anda.

Masih banyak cara lain untuk menciptakan pola hidup sehat dan hijau di sekitar lingkungan rumah Anda, sebelum Anda beranjak pada skala yang lebih besar lagi untuk komunitas yang Anda ikuti. Hal-hal di atas merupakan beberapa ide sederhana bagi Anda untuk memulai menciptakan lingkungan hijau dan hidup yang sehat.