Penempatan Pendeteksi Karbon Monoksida

Penempatan Pendeteksi Karbon MonoksidaPendeteksi karbon monoksida adalah fitur keamanan yang penting untuk segala jenis rumah atau apartemen. Alat sederhana ini akan mendeteksi kebocoran karbon monoksida yang terjadi dari alat pembakaran seperti, tungku perapian, tungku minyak, kompor, perkakas rumah tangga atau cerobong asap.

Jadi, bagaimana dan dimana sajakah pendeteksi karbon monoksida ini harus ditempatkan?

Karbon monoksida adalah produk sampingan dari pembakaran. Detektor akan membunyikan peringatan tipe lonceng listrik yang sangat keras sebelum tingkat karbon monoksida mencapai 100 bagian per juta dalam 90 menit, 200 bagian per juta dalam 35 menit atau 400 bagian per juta dalam 15 menit. Menurut Standar UL alarm harus membunyikan peringatan sebelum orang dewasa dengan kesehatan rata-rata mulai mengalami gejala keracunan karbon monoksida.

Karena pentingnya deteksi karbon monoksida, penempatan detektor adalah hal yang terpenting. Komisi Keselamatan Produk Konsumen merekomendasikan untuk menempatkan detektor karbon monoksida didekat ruang tidur, sehingga penghuni rumah akan bangun jika alarm berbunyi. Selain itu harus ada alarm pada setiap lantai dirumah tersebut. Tetapi ada pertimbangan lain untuk penempatan detektor karbon monoksida. Detektor tidak boleh diletakkan di samping atau di atas sebuah alat berbahan bakar yang mungkin akan mengeluarkan sedikit karbon monoksida ketika alat tersebut mulai bekerja. Hal ini dapat menyebabkan alarm berbunyi ketika tidak ada alasan untuk memberi peringatan kepada Anda. Penempatan detektor karbon monoksida juga tidak boleh dilakukan dalam jangkauan lima meter dari peralatan pemanas atau memasak atau didekat ruang lembab seperti kamar mandi atau sauna dalam ruangan.

Karbon monoksida kira-kira memiliki berat yang sama dengan udara tetapi akan meningkat dengan adanya udara hangat. Untuk alasan inilah banyak perusahaan menyarankan pemasangan detektor pada atau dekat langit-langit. Ini juga menjauhkan detektor dari gangguan hewan peliharaan atau anak-anak.

Menurut Journal of American Medical Association (JAMA), karbon monoksida adalah penyebab nomor satu kematian karena keracunan di Amerika Serikat. Jadi penempatan detektor karbon monoksida dan sistem peringatan dini sangat penting untuk kesehatan dan keselamatan Anda dan keluarga.

Jika alarm berbunyi produsen detektor karbon monoksida First Alert menyarankan agar Anda terlebih dahulu mematikan semua peralatan yang menggunakan pembakaran dan buka jendela agar terjadi pertukaran udara. Panggil teknisi ahli untuk memeriksa peralatan Anda sebelum Anda menyalakan peralatan tersebut lagi.
Gejala keracunan karbon monoksida adalah sakit kepala, pusing, dan muntah. Gejala tersebut mirip sekali flu atau flu perut, tetapi jika lebih dari satu orang di rumah memiliki gejala yang sama pada waktu yang bersamaan sudah waktunya untuk berfikir bahwa mungkin gejalanya adalah karbon monoksida. Jika orang disekitar Anda menunjukkan gejala tersebut, Anda harus memanggil pemadam kebakaran, buka jendela dan pindah ke luar rumah. Jangan masuk kembali sampai udara dirumah telah dikeluarkan dan masalah di selesaikan.

Penyebab umum alarm karbon monoksida adalah rumah tanpa ventilasi yang memadai atau menjalankan mobil atau mesin bertenaga gas lainnya di garasi. Suasana rumah sebenarnya memiliki tekanan lebih rendah dari luar sehingga gas ditarik ke dalam rumah. Pembakaran arang merupakan penghasil lain yang luar biasa dari gas karbon monoksida (CO). Jangan pernah memanggang di dalam rumah atau garasi.

Jika seorang profesional datang untuk memeriksa peralatan setelah peringatan berbunyi pastikan bahwa tungku gas atau minyak tidak mengalami kebocoran dan memiliki lubang angin yang memadai. Periksa nyala api tungku, pembakar dan sistem pengapian, cerobong asap dan sistem ventilasi harus diperiksa untuk melihat penyumbatan, sistem ventilasi dan kipas pada semua peralatan pembakaran berbahan bakar harus diperiksa, lampu penunjuk pada kompor bisa menjadi sumber juga jika tidak diventilasikan keluar dengan benar.

Penempatan detektor karbon monoksida adalah fitur keamanan yang cepat, mudah dan murah yang dapat ditambahkan ke rumah Anda, dan akan menjauhkan Anda dari keracunan penyebab kematian nomor satu di Amerika Serikat.