Keselamatan Kebakaran

Keselamatan Kebakaran cap=K]eselamatan kebakaran adalah hal yang paling dipikirkan para personil pemadam kebakaran. Banyak tindakan pencegahan kebakaran yang gampang diambil dan dapat menyelamatkan jiwa. Lebih dari 4.000 orang Amerika meninggal setiap tahunnya dalam kebakaran, sekitar 1 setiap 2 ½ jam. Sekitar 20.000 orang terluka setiap

tahun. Setiap 10 detik sebuah kebakaran terjadi dan setiap 60 detik kebakaran memerlukan bantuan dari pemadam kebakaran. Penyebab paling umum dari kebakaran termasuk api di dapur yang mudah dipadamkan, percikan api dari peralatan perapian, dan rokok.

Waktu adalah musuh terbesar dalam keselamatan kebakaran. Setiap detik berharga. Dalam waktu kurang dari 30 detik api kecil bisa sepenuhnya menjadi di luar kendali dan berubah menjadi kebakaran besar. Dalam hanya beberapa menit rumah akan diisi dengan asap hitam tebal.

Asap adalah musuh dalam keselamatan kebakaran. Kebanyakan korban kebakaran menyerah karena asap dibandingkan karena luka bakar. Hampir setengah dari jumlah korban berusia lebih dari 65 tahun atau merupakan anak-anak prasekolah.

Keselamatan kebakaran meliputi perencanaan rute penyelamatan diri dan berlatih. Setiap bulannya terutama keluarga dengan anak-anak harus berlatih menyelamatkan diri keluar dari setiap kamar di rumah. Anda harus memiliki jalur primer dan juga jalur sekunder bila jalur primer telah diblokir oleh api. Rute sekunder bisa berupa jendela ke atas atap tetangga atau menggunakan tangga lipat.

Ketika Anda merencanakan rute penyelamatan diri pastikan bahwa semua jendela mudah dibuka dan daun jendela bisa dilepas dari dalam. Jika ada jeruji di jendela maka harus ada perangkat untuk melepasnya dengan cepat dari bagian dalam sehingga Anda tidak terjebak bila terjadi kasus kebakaran.

Ketika Anda berlatih keselamatan kebakaran pastikan untuk tidak membuang-buang waktu menyelamatkan perabot. Segera tinggalkan rumah dan gunakan rute paling aman untuk melewati asap. Praktikkan merangkak di rumah, tetap rendah berada di bawah asap dan jaga mulut tetap tertutup. Asap membawa gas beracun yang dapat membuyarkan Anda atau lebih buruk bisa membunuh Anda.

Anak-anak berlatih menggunakan punggung tangan untuk merasakan bagian atas pintu, kenop pintu atau kusen pintu untuk mendeteksi panas pada sisi lain dinding. Jika Anda membuka pintu dari sebuah ruangan yang sudah dipenuhi api, oksigen segar dapat langsung membuat api besar dan membuat back draft yang dapat membunuh. Selama latihan praktik keselamatan kebakaran, buka pintu dengan hati-hati dengan menyandarkan bahu Anda ke pintu lalu buka pintu perlahan-lahan. Jika Anda merasakan panas atau asap datang dari ruang yang berbatasan, segera tutup pintu  dan gunakan jalur keluar sekunder.

Perencanaan keselamatan kebakaran melebihi jalur keluar dari gedung. Tentukan tempat berkumpul di luar rumah. Pastikan setiap orang mengetahui tempat untuk berkumpul sehingga Anda bisa mencatat 'kehadiran' untuk memastikan semua orang telah keluar dengan aman. Tunjuk satu orang untuk pergi ke rumah tetangga untuk memanggil polisi dan pemadam kebakaran.

Setelah Anda berada di luar, tetaplah di luar. Jangan kembali ke bangunan yang terbakar demi alasan apapun. Pastikan bahwa semua anak juga tahu aturan ini. Jika ada seseorang yang hilang, beritahu petugas pemadam api yang akan memiliki oksigen dan peralatan untuk melindungi diri mereka dari api.

Yang paling penting untuk merencanakan keselamatan kebakaran adalah memiliki detektor asap, dimana studi telah menunjukkan detektor asap dapat memotong setengah risiko Anda mati dalam kebakaran ketika ada detektor asap yang berfungsi dengan baik di rumah.

Tindakan pengamanan kebakaran adalah sederhana, dan perencanaan serta latihan hanya memakan waktu 10 menit setiap bulan. 10 menit ditambah detektor asap yang berfungsi, bisa membedakan antara hidup dan mati. Ambillah 10 menit itu dan pilihlah hidup!