Pro dan Kontra Sumber Energi Alternatif

arena bertambahnya konsumsi energi global dan menipisnya sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, saat ini sedang dicari jalan untuk menggunakan sumber energi alternatif. Menggunakan sumber energi alternatif bisa menguntungkan tapi

juga sulit. Mari kita lihat pro dan kontra dari sumber energi alternatif.

Keuntungan terbesar yang dapat diambil dari energi yang dapat diperbaharui adalah energi jenis ini dapat dipertahankan dan tidak akan pernah habis. Juga penting diingat bahwa energi terbarui hampir tidak menghasilkan sampah yang dapat menyebabkan polusi dan memberikan dampak buruk dalam lingkungan.

Beberapa negara yang telah menggunakan energi yang dapat diperbaharui ini sebagai sumber energi lain juga merasakan beberapa keuntungan secara ekonomi terutama di daerah-daerah regional. Kebanyakan dari proyek energi terbarui tersebut terletak jauh dari pusat kota dan ibu kota. Jadi keberadaan proyek ini dapat meningkatkan penggunaan dari jasa lokal dan juga pariwisata setempat.

Kerugian dalam menggunakan energi yang dapat diperbaharui adalah sulitnya untuk mendapatkan daya listrik dalam jumlah besar seperti yang dihasilkan oleh energi fosil. Masalah lainnya yang umumnya terlihat dalam energi alternatif adalah pasokan energi yang dihasilkan masih belum dapat diandalkan. Karena energi ini didapatkan secara alami, pasokan energi terbarui sangat tergantung pada kondisi cuaca.

Kerugian lainnya dari sumber energi alternatif adalah cukup mahalnya biaya pemasangan alat-alat yang dibutuhkan sumber energi ini untuk memproduksi energi tersebut.

Berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari sumber energi alternatif.

Tenaga matahari

Matahari adalah sumber energi yang hebat karena tidak dibutuhkan biaya untuk mendapatkannya dan energi ini cukup efisien. Saat ini sudah mungkin untuk mengoptimalkan energi matahari dan mengganti listrik tradisional dengannya. Tetapi energi ini punya batasan-batasannya. Misalnya tempat yang terletak cukup tinggi dari permukaan laut dan tempat yang sering hujan tidak dapat memproduksi energi matahari secara efisien.

Tenaga angin

Angin juga merupakan sumber listrik yang efisien. Tenaga angin dapat menggantikan sekitar 20 persen dari total konsumsi listrik di masa yang akan datang. Energi ini juga ramah lingkungan karena tidak ada gas-gas berbahaya yang dihasilkan selama proses pengubahan angin menjadi energi. Lokasi adalah faktor yang sangat penting dalam menggunakan tenaga angin. Tempat-tempat yang letaknya tinggi dan juga garis-garis pantai adalah tempat yang baik untuk meletakkan pembangkit listrik tenaga angin. Juga dibutuhkan tempat yang relatif besar untuk menghasilkan jumlah tenaga listrik yang cukup secara efisien.

Tenaga hidrolistrik dan ombak pasang surut

Kedua energi ini berasal dari air. Energi hidrolistrik biasanya dihasilkan dari bendungan-bendungan. Energi pasang surut menggunakan ombak laut alami. Energi yang dihasilkan dari air juga merupakan proses penghasilan energi yang bersih. Sayangnya ada beberapa kerugian.

Membangun bendungan-bendungan sungai sebagai sumber energi hidrolistrik sangatlah mahal sedangkan sumber dari pasang surut sangat tergantung pada laut. Laut umumnya cenderung tidak dapat ditebak. Karena itulah hanya ada 9 tempat di dunia ini yang cocok untuk pembangkit listrik tenaga pasang surut. Pembangkit ini juga sayangnya dicurigai memberikan dampak buruk pada burung-burung yang sedang bermigrasi dan juga ikan-ikan di laut.

Biomassa

Biomassa terdiri dari kotoran hewan, hasil pertanian, biji-bijian dan produk alami lainnya yang difermentasikan. Biomassa ini dapat digunakan untuk menghasilkan alkohol dan juga untuk mengganti kebutuhan bahan bakar dengan menggunakan sampah sebagai sumber energi alternatif. Kerugiannya adalah sumber energi ini masih menghasilkan efek rumah kaca.

Sumber energi alternatif memang dapat diperbarui, tapi sumber energi ini juga mempunyai kerugian-kerugiannya sendiri. Walaupun demikian, dampak buruk yang dihasilkannya tetap lebih sedikit dari sumber energi fosil. Dan pencarian untuk menghasilkan sumber energi alternatif yang murah dan ramah lingkungan masih belum berhenti disini.