Pro dan Kontra Energi Angin, Karena Energi Terbarukan Tidak Sempurna

Pro dan Kontra Energi Angin, Karena Energi Terbarukan Tidak Sempurnaistrik merupakan kebutuhan tetap manusia di seluruh dunia, dan salah satu tujuan listrik yaitu memenuhi kebutuhan pasokan energi yang stabil untuk menghidupkan masyarakat dan industri. Dengan kenaikan harga gas dan sumber-sumber energi lainnya sekarang ini, maka sedang dilakukan penelitian untuk menemukan cara-cara mengembangkan sumber daya yang murah. Penggunaan energi angin untuk menghasilkan listrik adalah salah satu prestasi terbesar dalam bidang generasi-listrik.

Energi angin adalah energi yang lebih murah, terbarukan dan bersih.

Negara-negara seperti Amerika Serikat, Jerman, India, Spanyol dan negara-negara lainnya memanfaatkan tenaga listrik yang energinya dihasilkan dari angin. Namun, metode generasi-listrik ini tidaklah sempurna. Dan tidak mungkin untuk menghindari pro dan kontra dari penggunaan energi angin.

Perhatikan beberapa pro dan kontra dari energi angin berikut ini:

Pro

Energi angin merupakan sumber energi bersih karena tidak menghasilkan racun oleh-produk dan gas saat menghasilkan listrik. Ini adalah alasan mengapa energi angin merupakan alternatif yang ideal, karena bila digunakan lebih aman bagi planet kita.

Energi terbarukan berbeda dari bahan bakar fosil karena bahan bakar fosil tidak dapat diisi ulang serta merupakan sumber dari wujud energi yang berbahaya, seperti batubara, gas dan minyak. Ini membuktikan bahwa energi angin adalah efisien karena terbarukan secara alami.

Karena angin merupakan sumber alami yang selalu ada, energi yang dihasilkan juga hampir anti-gagal. Dan jika terdapat jaringan listrik yang lebih besar, selalu ada kemungkinan untuk menghasilkan jumlah listrik yang lebih banyak sehingga dapat memberi energi untuk lebih banyak rumah di wilayah sekitarnya.

Pada pengembangan dan produksi pertanian dengan energi angin diperlukan uang untuk turbin penghasil listrik. Tetapi energi angin masih dianggap murah dibandingkan dengan sumber listrik lain karena sumber energi itu sendiri adalah gratis. Komunitas dan petani tertentu mendapatkan keuntungan dari pendanaan dan menghasilkan laba dari memiliki turbin dan sumber energi sendiri.

Kontra

Turbin angin adalah seperti mesin atau peralatan lain yang dapat mengalami pakai-dan-hancur dan bisa rusak. Badai, petir dan bencana alam lainnya dapat menghancurkan turbin angin, bahkan turbin yang tertinggi dan terkuat sekalipun jika terpapar langsung.

Energi angin tidak sempurna karena ada keadaan dimana kecepatan atau arus pada pembangkit tidak merata. Hal ini dapat menyebabkan inkonsistensi dalam menghasilkan tenaga listrik sehingga dapat mempengaruhi pasokan listrik di sekitarnya.

Turbin angin yang berputar biasanya dapat membunuh burung-burung. Dan turbin ini dapat mengeluarkan suara hingga 50 sampai 60 desibel.

Anda harus mempertimbangkan pilihan-pilihan ini jika Anda memiliki rencana untuk berinvestasi dalam energi terbarukan, dan ini bisa dimulai dari memahami pro dan kontra memakai energi angin. Energi terbarukan hampir sempurna di dalam banyak hal, dan pro dan kontra energi angin diatas menunjukkan kasus-kasus yang nyata dengan menggunakan sumber yang terbarukan pada generasi-energi.