Menelusuri Kronologi Sejarah Energi Anginnergi angin sudah digunakan semenjak ketika manusia belajar bagaimana berlayar dengan memanfaatkan angin. Mesin bertenaga angin untuk menggiling biji-bijian dan memompa air juga telah lama digunakan. Pada masa-masa awal, energi angin sudah tersedia dan tidak semata-mata terpusat hanya di pinggiran sungai berarus deras.

Energi angin telah menjadi sebuah metode penghasil listrik dan energi angin ini

biasanya merupakan proses yang dikendalikan dan bukan sebagai bagian dari catu daya terpusat. Ketika sejarah energi angin mulai tertulis, begitu pula dengan pembangkit kecil bertenaga angin yang cukup baik untuk digunakan pada pertanian dan tempat tinggal, serta generator angin yang lebih besar.

Sejarah energi angin dimulai ketika manusia menemukan cara untuk memanfaatkan perahu layar. Selama zaman kuno, tenaga mesin dihasilkan dari energi angin sebagai bagian dari evolusi. Pada abad pertengahan energi angin digunakan termasuk pada kincir angin praktis pertama yang dibangun dengan menggunakan anyaman buluh atau kain. Pada masa khusus tersebut, tenaga angin digunakan untuk menggiling jagung, memompa air, dan bahkan digunakan untuk industri tebu.

Sejarah energi angin berkembang lagi pada pertengahan tahun 1920-an dimana beberapa sistem berskala kecil ditemukan di sepanjang dataran Midwestern dan digunakan untuk menopang listrik pada peternakan. Sistem ini umumnya memiliki output 1 sampai 3 kilowatt. Sejarah energi angin mencatat bahwa generator angin terbesar memiliki kapasitas rata-rata 1,25 megawatt pada tahun 1940-an. Rotor itu memiliki ukuran diameter hampir 175 meter.

Sejarah energi angin juga telah berkembang pada masa Revolusi Amerika pada abad ke-18 ketika orang-orang dari Pulau Bermuda dan Cape Cod menggunakan kincir angin untuk menarik keluar air yang akan digunakan untuk membuat garam. Pada abad ke-19 mekanisme ini berguna bagi pompa dan gilingan untuk menghasilkan gabungan daya dari 2.500 kincir angin yang diperkirakan sekitar 30 megawatt.

Dengan sejarah energi angin yang panjang ini, meningkatnya kekhawatiran tentang keamanan energi pada masa sekarang, pemanasan global dan akhirnya bahan bakar fosil yang menipis menyebabkan ekspansi kepentingan dalam segala bentuk energi terbarukan yang ada. Daya listrik yang besar menjadi mungkin dengan dioperasikannya turbin angin baik untuk penggunaan perumahan berskala kecil sampai dengan masyarakat dan industri berskala besar.