disleksiaanyak orang dewasa yang memiliki disleksia telah belajar tentang cara bagaimana mengelola kondisi mereka. Salah satu metode yang umum dilakukan adalah penggunaan berbagai warna.

Sebuah Pergulatan Dengan Warna Putih

Menurut penelitian, gangguan seperti disleksia kadang-kadang dapat dipengaruhi oleh warna. Telah diyakini bahwa 'silau' dari latar kertas putih adalah penyebab mengapa anak-anak dan orang dewasa dengan kondisi ini mengalami kesulitan untuk membaca suatu halaman.

Orang-orang yang menderita jenis disleksia ini tidak dapat fokus pada informasi yang mereka baca di atas kertas putih polos. Dengan demikian, mereka memiliki kesulitan menghafal atau belajar tentang informasi yang tertulis di atas kertas. Kertas putih dianggap tidak menyenangkan, yang juga menjadi alasan mengapa belajar menjadi tidak menyenangkan juga.

Memberi Beberapa Warna ke dalam Dunia Anda

Karena kebencian yang diakibatkan oleh kertas putih ini, penggunaan warna telah digunakan untuk membuat membaca menjadi agak lebih menyenangkan, terutama bagi pembaca yang menderita disleksia. Dengan demikian, berikut adalah beberapa cara untuk menempatkan warna ke dalam hidup Anda hingga dapat mengubah kemampuan membaca dan organisasi anda secara dramatis !

Pemberian kode Warna

Metode ini telah dibuktikan efektif oleh banyak penderita disleksia. Cara ini dapat memiliki efek besar pada kemampuan organisasi Anda. Sebagai contoh, pemberian warna pada disk komputer sesuai kelas akan dapat membantu anda. Anda juga dapat mencoba membuat label berwarna khusus untuk ditempelkan pada disk atau CD sehingga Anda tahu mana yang akan digunakan.

Membeli buku catatan berwarna juga bisa dilakukan. Dengan cara ini, Anda bisa tahu buku catatan berwarna yang mana untuk kelas tertentu hanya dengan melihat warna. Kode warna akan menghemat banyak waktu, karena Anda tidak perlu membuang waktu untuk melihat-lihat materi yang tidak terorganisir.

Stabilo

Karena kebanyakan kertas di pasaran dicetak di atas kertas putih, stabilo bisa menjadi teman terbaik Anda, jika Anda ingin membaca halaman dengan beberapa warna. Anda dapat membawa beberapa stabilo dekat dengan anda saat membaca buku. Hal ini juga dapat membantu ketika Anda sering kehilangan jejak makna dari apa yang sudah Anda baca dan bagian mana dari buku yang sedang Anda baca.

Hal ini mungkin tampak berantakan bagi sebagian orang, tapi bisa sangat membantu untuk penderita disleksia. Namun, pastikan apa pun yang Anda beri stabilo adalah milik anda. Hindari memberi stabilo di buku-buku perpustakaan karena tindakan ini dapat menyebabkan Anda untuk membayar denda atau bahkan mengganti dengan buku baru.

Kertas berwarna

Jika Anda tidak suka memberi stabilo pada data yang telah Anda tulis, maka akan sangat berguna untuk menulis atau mencetak di atas kertas berwarna. Hal ini akan membantu Anda membaca lebih efektif, karena tidak ada silau dari kertas berwarna putih. Anda dapat melakukan ini jika akan mencetak data dengan komputer.

Warna yang kontras

Jika Anda memiliki masalah membedakan kanan dan kiri, maka Anda dapat mencoba menggunakan warna untuk membantu Anda membedakannya. Penggunaan warna kontras, seperti merah dan biru, akan menjadi pilihan yang terbaik. Misalnya, mengenakan kaus kaki biru di kaki kanan dan kaus kaki merah di kaki kiri akan dapat membantu Anda mengingat bagian kanan dan kiri.

Hal ini dapat berguna jika arah-arah sangat penting dalam kegiatan yang Anda lakukan seperti ketika berolahraga. Ketika berolahraga, daripada mengarahkan Anda dengan kata-kata kanan dan kiri, pelatih Anda hanya perlu mengucapkan warnanya saja, karena ini adalah cara termudah untuk mengarahkan Anda.

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location