Dislexiaisleksia adalah kesulitan membaca yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Sama seperti dengan cacat lainnya, deteksi kondisi secara dini dan intervensi awal sangat bermanfaat untuk

orang tersebut. Bagaimanapun, hal ini tidak selalu terjadi dengan disleksia.

Sebuah Awal yang Terabaikan

Pada sebagian besar kasus, permulaan dari disleksia terlupakan yang merupakan alasan mengapa banyak kasus hanya didiagnosis setelah dewasa. Tenyata, dalam budaya saat ini ketika seorang anak belum lancar untuk belajar membaca pada usia sepuluh atau sebelas tahun, mereka seringkali dianggap kurang motivasi atau kurang cerdas.

Sebagian besar orang akan berpikir bahwa mereka bodoh atau malas. Namun, dalam sebagian besar kasus, mereka tidak termasuk dari keduanya. Kemungkinan besar mereka mengalami disleksia, yang merupakan ketidakmampuan belajar yang menyebabkan mereka kesulitan dalam memahami bahasa tertulis, walaupun mereka memiliki IQ normal atau bahkan lebih tinggi dari normal.

Kesalahan Jaringan Otak Dan Deteksi Dini

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kesulitan dalam membaca yang dialami penderita disleksia adalah karena 'jaringan yang salah' di daerah otak tertentu yang memiliki hubungan dengan belajar dan bahasa. Penelitian juga menunjukkan bahwa variasi atau cacat identifikasi genetik merupakan penyebab sebagian jaringan ini rusak.

Skrining awal dan deteksi dini untuk variasi tersebut memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan perbaikan yang tepat dan pelatihan tepat waktu. Kebanyakan ahli menyarankan bahwa anak-anak harus dibiarkan untuk menghadapi kondisi yang mereka alami untuk mengatasinya sendiri dan setidaknya belajar cara membaca pada level yang dapat diterimanya. Namun, karena disleksia kadang-kadang hanya didiagnosis ketika dewasa, manfaat deteksi dini menjadi belum maksimal.

Deteksi yang Terlambat

Meskipun ada orang yang mengalami disleksia ketika masa dewasa mereka, dikarenakan stroke dan cedera traumatis pada otak, dalam banyak kasus kondisi tersebut adalah gangguan pada perkembangan. Menurut para ahli, sebagian besar kasus yang dilaporkan orang tentang penderita disleksia adalah orang dewasa yang telah mengidap sejak kecil tapi hanya diketahui ketika mereka telah dewasa.

Deteksi yang terlambat ini adalah sesuatu kondisi yang paling sering dialami oleh disleksia pada orang dewasa dan intervensi awal bukanlah suatu pilihan lagi. Namun, jika Anda adalah salah satu dari mereka yang telah terlambat terdeteksi, tidak ada alasan untuk mempermasalahkannya. Intervensi tidak peduli seberapa awal atau akhir tetap saja intervensi, meskipun mereka mungkin memiliki efek yang bervariasi.

Masalah Pada Plastisitas Otak

Deteksi yang terlambat menjadi masalah karena premis plastisitas otak. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih muda atau bahkan hewan memiliki otak lebih elastis dari orang yang lebih tua. Relevansi plastisitas otak adalah salah satu faktor penting dalam kaitannya dengan intervensi.

Karena otak lebih elastis ketika Anda lebih muda, memperbaiki jaringan otak ini masih mungkin dilakukan, karena belum mencapai kondisi matang dan akan terus berkembang. Jadi, jika ketidakmampuan belajar seperti disleksia hadir pada masa ini, maka otak Anda masih dapat dikembangkan untuk berfungsi pada level yang lebih dapat diterima, dimana kondisi ini memiliki efek minimal.

Banyak orang dewasa baru-baru ini didiagnosis dengan kondisi ketakutan bahwa intervensi tidak akan menolong mereka, hanya karena otak mereka tidak elastis lagi sebagaimana anak-anak. Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa elastisitas otak masih ada bahkan pada orang dewasa.

Temuan terbaru pada plastisitas di otak orang dewasa adalah sebuah terobosan untuk disleksia dewasa. Jadi, jika Anda seorang dewasa yang mengalami keterlambatan diagnosis, maka berbahagialah ! Masih ada harapan untuk meningkatkan kondisi Anda, bahkan jika hanya untuk level yang dapat diterima.

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location