diet cap=M]enurunkan berat badan memang sulit bagi kebanyakan orang. Kebiasaan makan yang buruk dapat dimulai saat kita masih kecil. Orangtua Anda sebenarnya tidak pernah bermaksud  mengajarkan kebiasaan yang dapat merusak kesehatan, dan makanan yang mereka hidangkan adalah memang makanan yang mampu mereka hidangkan, makanan yang mereka sukai atau

makanan yang ternyata buruk bagi tubuh tetapi dulu mereka tidak mengetahuinya.

Apapun kasusnya, ketika sedang melakukan diet, satu hal yang sering membuat orang menyerah dan gagal adalah karena mereka harus meninggalkan semua hal yang mereka sukai. Makanan penutup atau hidangan pencuci mulut sulit untuk ditolak, jadi pilihlah makanan yang rendah kalori sehingga Anda dapat memuaskan selera makan Anda tanpa merusak rencana Anda untuk menurunkan berat badan.

Makanan penutup yang rendah kalori bisa berwujud dalam berbagai bentuk. Beberapa diantaranya menggunakan semacam pengganti gula sehingga Anda masih dapat mengecap makanan manis tanpa mengonsumsi gula yang dapat berakibat buruk pada usaha diet yang Anda lakukan. Banyak makanan penutup yang menggunakan gula, sehingga Anda harus hati-hati dan harus mengurangi konsumsi gula dalam jumlah yang banyak. Beberapa hidangan pencuci mulut lainnya hanya menggunakan gula dalam jumlah yang kecil sehingga Anda dapat memilihnya. Berapa makanan lain menggunakan cara memasak secara alami yang membuat makanan tersebut rendah kalori tanpa menggunakan bahan-bahan yang merugikan tubuh Anda. Anda dapat mempelajari cara-cara baru untuk memuaskan selera Anda tanpa terbebani dengan makanan yang banyak mengandung kalori.

Jika Anda ingin menikmati hidangan penutup rendah kalori dalam jumlah yang sedikit lebih banyak, Anda harus mencari makanan yang berlabel 'tidak ada tambahan gula' atau yang menggunakan pemanis buatan. Hidangan pencuci mulut yang tidak ada tambahan gula secara alami sudah terasa manis tanpa perlu   menambahkan gula pada makanan tersebut untuk membuatnya lebih manis. Ada yang diberi pemanis buatan dan ada juga yang tidak. Ada juga beberapa makanan yang menggunakan sesuatu seperti Splenda untuk mempermanis makanan tersebut. Anda bisa mengkonsumsi makanan ini dalam porsi yang lebih banyak. Tapi ingat, itu bukan berarti Anda dapat melahap semua makanan yang Anda inginkan, karena makanan ini masih mengandung kalori. Hitunglah kalorinya dan perhatikan ukuran porsinya saat menyantap makanan tersebut.

Beberapa makanan penutup rendah kalori disajikan dalam porsi kecil. Anda dapat membeli snack dalam kemasan kecil yang mencantumkan kandungan jumlah kalori di kemasannya. Ada yang mengandung banyak kalori dan ada juga yang jumlah kalorinya sangat besar. Jika Anda membuka salah satu dari snack ini dan hanya itu yang Anda makan, berarti Anda sudah mendapatkan sesuatu yang manis untuk mencegah keinginan makan Anda dan Anda akan tahu persis berapa banyak kalori yang telah Anda makan. Tapi jangan menjadikan makanan ini sebagai makanan andalan dalam diet Anda, tapi jadikanlah makanan itu sebagai makanan pengganti apabila hasrat Anda untuk makan makanan yang banyak mengandung kalori sudah begitu menggelora.

Terakhir, Anda dapat menemukan beberapa makanan penutup rendah kalori dengan menggunakan cara-cara baru untuk membuat sesuatu yang manis tetapi mempunyai kandungan  gula yang jauh lebih sedikit. Cobalah untuk mencicipi jello tanpa gula yang dicampur dengan krim kocok. Anda dapat membuat hidangan pencuci mulut dengan memasukkan lebih banyak buah dengan sedikit gula, dan hasilnya pasti akan lebih manis, tidak seperti yang Anda bayangkan. Anda juga dapat mencoba alternatif lain ketika Anda menggunakan tepung dan minyak, karena keduanya menambahkan kalori untuk setiap makanan yang Anda makan. Banyak buku-buku masakan yang memberi resep-resep masakan yang tidak mengandung terlalu banyak kalori sehingga Anda dapat menerapkannya dalam menu diet Anda. Jangan menjadikan makanan penutup sebagai alasan apabila Anda gagal dalam diet yang telah Anda rencanakan. Kehidupan Anda yang sehat telah menunggu.