Semakin tua manusia, semakin tua pula tubuhnya. Satu hal yang perlu di pertahankan adalah gizi yang cukup jika ingin tubuh tetap sehat sepanjang hidup kita. Sebagai warga senior di masyarakat, mengatur asupan makanan yang benar amatlah penting.

Masa-masa emas semestinya menjadi masa yang paling bahagia dalam hidup kita. Pensiun dari dunia kerja dan menikmati hidup. Namun mengapa banyak manula yang tidak dapat menikmati masa emas hidupnya ?

Makan yang benarĀ  adalah kuncinya bagi semua orang. Ketika kita muda, tubuh kita dapat bangkit kembali dari kesalahan, namun semakin sulit ketika beranjak tua. Kita akan melihat betapa pentingnya memilih bahan bakar yang tepat bagi tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kita yang sedang menikmati masa keemasan kita dan tetap ingin dapat menikmatinya sampai bertahun-tahun mendatang:

Fokus mental

Makan sayuran hijau dan kol (kembang kol dan brokoli) amatlah baik untuk otak. Mengonsumsi asam lemak omega-3 sebanyak mungkin, dapat membuat pikiran lebih fokus serta menjaga kesehatan sel syaraf.

Mood lebih baik

Makanan bergizi meningkatkan kesehatan secara umum. Susah buang air besar atau masalah usus lainnya, dapat menyebabkan mood kita menurun. Konsumsi biji-bijian (whole grains) dapat membersihkan sistem pencernaan dan menghilangkan racun yang menumpuk didalam tubuh.

Makan jika lapar

Ketika kita kebanyakan makan gula, maka tubuh kita akan semakin membutuhkan glukosa lebih banyak lagi. Hal ini dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Seperti kita ketahui, semakin tua seseorang, semakin sulit menghilangkan lemak didalam tubuhnya, sehingga dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti diabetes, sindrom metabolisme dan penyakit persendian akibat beban berat. Memakan biji-bijian dan protein pada pagi hari mengurangi rasa lapar dan menjaga gula darah tetap stabil sepanjang hari, sehingga kita jarang ngemil.

Makan makanan bergizi

Makanan alami adalah yang paling baik karena mengandung lebih sedikit pengawet dan penuh dengan nutrisi. Ketika kita terlalu banyak makan makanan yang telah diproses, tubuh menjadi kekurangan nutrisi. Cobalah makan buah-buahan segar, buah kering, sayuran (segar maupun beku), biji-bijian (quinoa, millet, jali, gandum, dll), kacang-kacangan, polong-polongan dan minyak sehat.

Minum multivitamin

Relatif sulit untuk mendapatkan nutrisi yang cukup setiap hari. Multivitamin membantu meningkatkan kandungan vitamin dan mineral dalam tubuh. Manula khususnya, umumnya menderita kekurangan kalsium, vitamin D dan B.

Banyak minum air putih

Konsumsi obat seringkali juga mempengaruhi kandungan air dalam tubuh. Minum air putih membantu pencernaan, menghilangkan lemak dan membantu penyerapan jenis-jenis mineral yang penting, juga meningkatkan kekencangan kulit.

Manula dapat melawan efek penuaan dengan nutrisi yang cukup. Hidup sehat adalah kunci panjang umur dan dapat hidup menikmatinya. Jika Anda merasa kurang nutrisi, lakukanlah perubahan gaya hidup sekarang agar bisa memetik hasil yang lebih baik di masa depan.