Diet Detox: 8 Keuntungan dari Puasa Jusrtikel berikut ini menginformasikan tentang keuntungan-keuntungan dari diet detoks dengan

  • jus buah segar bagi tubuh Anda.
  • Jus segar penuh dengan enzim yang berguna untuk tubuh.
  • Tidak seperti jus kotak, jus segar tidak mengalami proses pasteurisasi. Pasteurisasi mempunyai banyak keuntungan, tapi proses ini membuat nutrisi makanan berkurang. Panas tinggi yang dipergunakan dalam proses pasteurisasi merusak gizi vital yang terkandung dalam jus.
  • Anda harus lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran dengan meminumnya daripada memakannya. Seperti yang mungkin sudah Anda alami, kita tidak selalu bisa makan sayuran sebanyak yang kita mau. Meminum jus sayuran segar membantu memecahkan masalah ini.
  • Proses pencernaan dan asimilasi dari nutrisi yang terkandung dalam sayuran menjadi lebih mudah dilakukan kalau kita meminumnya dalam bentuk jus. Tubuh Anda sebenarnya adalah seperti blender. Ketika Anda makan seledri, tubuh Anda akan mencerna seledri dengan memeras air di dalamnya untuk mendapatkan nutrisi. Seratnya kemudian dibuang melalui ¬†usus besar dan pergerakan usus lainnya. Tetapi jika Anda membuatnya menjadi jus, Anda sudah memeras jus yang terkandung dalam sayuran, dan ini dapat mempermudah proses asimilasi (atau peredaran nutrisi makanan ke dalam tubuh). Walaupun begitu, makan sayuran atau buah-buahan utuh juga penting karena Anda tetap membutuhkan seratnya juga.
  • Puasa berfungsi untuk mengistirahatkan sistem pencernaan Anda. Karena jus buah dan sayuran membutuhkan lebih sedikit proses pencernaan, jus ini diasimilasikan lebih cepat ke dalam tubuh Anda. Sebanyak 10% energi tubuh yang biasanya digunakan dalam proses asimilasi, pencernaan dan eliminasi jadi tidak terpakai. Hasilnya? Anda akan merasakan sensasi energi yang terbarui setelah berpuasa. Berpuasa membantu menghancurkan zat-zat beracun dalam tubuh seperti lemak, sel abnormal dan tumor. Berpuasa juga melepaskan jaringan dan produksi sel-sel ¬†yang rusak ke dalam sirkulasi tubuh untuk dibuang.
  • Saat kita berpuasa, pertumbuhan sel-sel baru dapat distimulasi dan dipicu karena protein-protein yang bekerja dalam pembuatan sel baru akan dipersatukan kembali dari sel-sel mati melalui proses otolisis (perusakan sel melalui enzim yang terkandung di dalamnya). Serum zat putih telur Anda, atau level protein dalam darah, tetap konstan dan normal selama Anda berpuasa karena tubuh Anda dengan pintarnya menggunakan protein dan nutrisi lainnya yang tersimpan dalam tubuh saat dibutuhkan.
  • Puasa jus adalah proses detox yang jauh lebih mudah dibandingkan dengan puasa air putih. Untuk puasa jus, bermacam-macam buah-buahan dan sayur-mayur harus digunakan dan kombinasi ini perlu untuk menambah kesehatan Anda selama berpuasa. Dengan cara ini, tubuh Anda masih mendapatkan kalori yang dibutuhkan sehari-hari dalam jus yang mudah dicerna, dibandingkan dengan puasa air putih yang lebih ekstrim. Oleh karena itu, pelepasan racun dalam sel-sel lemak dalam puasa jus juga jauh lebih mudah dan dapat dilakukan secara bertahap.