obesitasbesitas adalah masalah kesehatan besar di seluruh dunia dan orang yang mengalami obesitas benar-benar berjuang untuk menurunkan berat badannya. Bahkan mereka yang tidak sampai dalam tahap obesitas tapi sedikit kelebihan berat badan cenderung berjuang untuk

menurunkan berat badan dan kemudian menjaga berat badan ideal yang sehat.

Seandainya menurunkan berat badan semudah menaikkannya!

Statistik menunjukkan bahwa hampir semua orang yang yang melakukan diet akhirnya menyerah dan bahkan mungkin berat badan mereka malah lebih berat daripada sebelum mereka mulai mencoba menurunkan berat badan. Kebanyakan orang tidak tahu cara terbaik untuk menurunkan berat badan, apakah dengan menggunakan diet instan, menggunakan diet yang normal dan sehat atau hanya berolahraga. Kombinasi diet yang sehat dan olahraga akan memberikan hasil terbaik dalam menurunkan berat badan.

Ada studi yang mengklaim bahwa makanan adalah penyebab utama dari obesitas dan ini membuat orang bertanya-tanya apakah faktor makanan adalah satu-satunya hal yang harus mereka ubah untuk menurunkan berat badan. Klaim ini memang bisa berlaku pada beberapa orang. Mereka memang telah melakukan beberapa bentuk olahraga tetapi mereka juga mengkonsumsi banyak kalori sehingga berat badan mereka terus bertambah. Namun, hal ini tidak selalu terjadi dan bagi kebanyakan orang yang mengalami obesitas, mereka memang makan tanpa aturan dan tidak pernah berolahraga.

Anda bisa saja menurunkan berat badan hanya dengan mengubah pola makan dan mengawasi asupan kalori dan Anda bisa meminta rekomendasi dokter atau profesional medis untuk melakukan perubahan diet yang ditujukan bagi orang yang mengalami masalah berat badan. Tetapi dengan hanya melakukan perubahan diet tanpa berolahraga akan memakan waktu lebih lama untuk menurunkan berat badan dan seringkali Anda akan menyerah pada program diet ini lalu segera kembali pada kebiasaan pola makan yang lama dan akhirnya berat badan Anda akan kembali seperti semula.

Hanya dengan berolahraga tanpa mengubah diet akan membuat Anda sengsara karena melelahkan dan masih membutuhkan waktu yang lama untuk menurunkan berat badan. Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah menggabungkan olahraga dengan diet yang tepat serta tetap memiliki motivasi yang tinggi untuk mewujudkan keinginan Anda.

Ada sebuah program yang melibatkan olahraga dan diet yang disebut 'Pengeluaran Kalori Tinggi', program ini menyarankan bahwa olahraga dengan intensitas rendah atau sedang masih lebih baik daripada tidak melakukan olahraga sama sekali. Program ini merekomendasikan bahwa untuk menurunkan berat badan, seseorang perlu berjalan sekitar 45 menit yang dilakukan setidaknya lima kali dalam seminggu. Berjalan harus dilakukan dengan cepat dan harus membakar sekitar 0,45 kg per minggu yang merupakan berat yang direkomendasikan harus turun dalam seminggu.

Satu alasan lain yang menganjurkan Anda untuk menggabungkan olahraga dengan diet yang sehat dalam rencana penurunan berat badan adalah karena olahraga tidak hanya sekedar membakar kalori, tetapi juga mengubah dan meningkatkan metabolisme sehingga dapat membakar kalori lebih banyak meskipun dilakukan dalam aktivitas yang rendah. Olahraga membangun otot dan otot memerlukan lebih banyak bahan bakar daripada yang dibutuhkan oleh lemak. Jadi, ketika otot Anda terbentuk, Anda akan membakar lebih banyak bahan bakar (bahkan ketika Anda duduk) yang dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan lebih banyak.

Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan sebaiknya Anda menggabungkann diet yang sehat dan bergizi dengan olahraga untuk mendapatkan hasil terbaik. Ini adalah perubahan gaya hidup dan harus tetap Anda lakukan meskipun Anda telah mencapai berat ideal yang Anda dambakan. Anda akan memiliki berat badan yang sehat dan merasa jauh lebih baik serta memiliki lebih banyak energi untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai.