Bisakah Diet Rendah Karbohidrat Berhasil? Atau Lebih Tepatnya, Adakah Orang yang Bisa Bertahan?engan trend diet seperti ini, sekeras apapun mereka berusaha menyembunyikannya, seburuk apapun kebenaran itu, pasti terungkap juga. Dalam program diet rendah karbohidrat, mereka biasanya memiliki jangka waktu yang cukup lama. Selama sekitar 10 tahun, masyarakat tetap percaya bahwa jika saja mereka bisa membuang seluruh karbohidrat dari menu diet mereka, maka mereka akan menjadi lebih kurus. Akhirnya mulai terungkap juga, bagaimana hal ini sebenarnya. Para ahli nutrisi selalu memperingatkan bahwa kita harus

mengonsumsi karbohidrat. Siapapun yang sedang menjalani rencana diet rendah karbohidrat tidak akan memikirkan hal lain selain melahap cemilan kaya akan karbohidrat. Semakin keras mereka berusaha menjauhkan karbohidrat dari menu makanannya, semakin keras juga mereka memikirkannya. Mungkin yang diperlukan bukanlah mengatur makanan yang bebas dari karbohidrat. Tapi lebih dibutuhkan untuk mengatur program diet rendah karbohidrat Anda.

Apa  sebenarnya akibat yang ditimbulkan dari menghindari karbohidrat? Akibatnya berbeda-beda dari satu orang ke orang lainnya. Beberapa orang hanya akan mudah marah dan berteriak pada orang lain, atau bahkan merasa emosi kepada pelayan di restoran. Sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa karbohidrat membantu otak memproduksi bahan kimiawi untuk menenangkan diri Anda. Sedangkan dengan memakan makanan berprotein tinggi, serta kaya akan minyak akan memberikan imbas sebaliknya. Jadi, pada dasarnya, sekali Anda berada dalam program diet rendah karbohidrat, Anda tidak akan merasa bahagia. Dan karena hal ini juga, orang-orang disekitar Anda akan merasakan hal yang sama.

Jika Anda mengatakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda pasti bisa melakukannya karena nantinya Anda akan bisa memakai pakaian renang yang menarik setiap musim panas, mungkin program diet rendah karbohidrat akan sedikit terdengar menyenangkan karena akan mengurangi berat badan Anda. Nah, yang sebenarnya terjadi adalah semua tekanan yang Anda rasakan mulai berdatangan, tubuh Anda mulai memproduksi hormon seperti kortisol. Satu-satunya hal yang harus Anda pelajari dalam hidup adalah, jangan main-main dengan hormon Anda, karena tidak akan menguntungkan Anda sama sekali. Hormon kortisol membuat Anda membutuhkan banyak sekali makanan. Mungkin Anda menolak pada awalnya. Tapi sampai berapa lama  Anda bisa menahan hal ini? Sekarang atau nanti Anda pasti  akan menyerah dan melahap makanan di depan Anda.

Diet rendah karbohidrat bukanlah hal yang bisa Anda andalkan untuk membantu Anda dalam jangka waktu tertentu yang sepertinya memungkinkan untuk dilakukan. Tentu saja, Anda bisa menahan gigi Anda untuk tidak mengunyah sesuatu dan bertahan selama beberapa minggu. Jika Anda benar-benar kuat, Anda bisa juga mencobanya untuk beberapa bulan. Setelah melewati periode ini, Anda harus berjuang mati-matian untuk tetap bertahan pada program diet rendah karbohidrat. Program diet tinggi karbohidrat bisa bertahan lebih lama dari pada program diet rendah kalori. Sekitar seperempat dari peserta program diet rendah karbohidrat menyerah setelah dua tahun. Di sisi lain, sebagian besar orang dengan program diet tinggi kalori bertahan jauh lebih lama. Dan tentu saja, menjauhkan diri Anda dari karbohidrat membuat anda susah buang air besar. Anda akan merasa kembung dan menderita.

Diet harus di rancang secara ilmiah. Terutama bagi mereka yang kemauannya tidak sekuat baja.Yang sebenarnya Anda butuhkan adalah sebuah program diet yang cukup bisa dipertahankan namun memberikan hasil yang cukup baik.