Bagaimana Memantau Penurunan Berat Badanika Anda sedang melakukan diet, Anda dapat saja terjerumus pada kebiasaan buruk seperti naik ke atas timbangan setiap pagi dan berharap terjadi penurunan angka yang ditunjukkan jarum timbangan tersebut. Hal ini malah dapat menghancurkan diet Anda sebab

telah banyak orang mendapati bahwa kebiasaan buruk seperti itu bisa membuat gila.

Daripada melakukan hal yang demikian, Anda harus menemukan cara yang lebih baik dalam memantau penurunan berat badan untuk memastikan bahwa Anda telah melakukan sesuatu yang benar. Namun, Anda tidak perlu menyikapi secara berlebihan ketika menemukan pengurangan sedikit dari bobot Anda. Luangkan waktu sejenak dan temukan solusi terbaik untuk diri Anda sendiri.

Anda tentu saja tetap dapat memantau berat tubuh melalui timbangan selama Anda juga menyadari bahwa hasil yang akan Anda lihat pada timbangan tersebut bukanlah sesuatu yang perlu Anda khawatirkan. Penurunan bobot memang penting karena Anda mungkin mempunyai target tertentu. Namun metode ini seharusnya hanya dilakukan bersamaan dengan beberapa cara lain dalam memantau seberapa baik yang telah Anda lakukan dalam usaha penurunan berat badan tersebut.

Jika Anda ingin naik ke atas timbangan, lakukan hanya sekali dua kali dalam seminggu. Jika Anda mulai terobsesi dengan hal tersebut, buang jauh-jauh pemikiran seperti itu. Untuk membantu Anda menghentikan obsesi terhadap timbangan, lakukanlah penimbangan berat badan hanya ketika Anda akan mengunjungi dokter atau konsultan diet Anda.

Bersamaan dengan pengecekan timbangan secara random di atas, gunakan pita pengukur atau meteran. Ini merupakan metode yang jauh lebih baik dalam untuk memantau seberapa baik perkembangan yang terjadi. Anda dapat memantau penurunan berat badan melalui pita pengukur dengan melakukan pengukuran setiap minggu.

Anda dapat mengukur pinggang, pinggul, lengan atau salah satu paha Anda. Tulis hasil pengukuran tersebut dan bandingkan dengan hasil-hasil tiap minggu lainnya. Pada waktunya, terutama saat Anda bekerja terlalu banyak, skala pada timbangan mungkin tidak banyak berubah namun ukuran tubuh Anda dapat mengecil. Hal ini adalah salah satu cara terbaik untuk memantau walaupun Anda berpikir bahwa metode ini sangat kuno.

Anda juga dapat menemukan beberapa metode online untuk memantau penurunan berat badan. Ada beberapa situs gratis yang memungkinkan Anda mengisi data berat badan dan pengukuran Anda pada program yang disediakan dan ia akan memberitahu bagaimana Anda harus bertindak.

Biasanya Anda akan diminta memasukan data berat badan awal dan target berat badan yang Anda harapkan. Setelah itu sistem pada situs tersebut akan memberitahu Anda informasi-informasi yang ampuh untuk mencapainya. Ada juga suatu program yang meminta Anda mengisi jenis makanan setiap hari yang Anda konsumsi untuk memeriksa dan menghitung kandungan kalori di dalamnya. Jika Anda mengkonsumsi lebih banyak makanan berkalori, program tersebut akan memberitahukan indikasi tersebut kepada Anda. Maka Anda kemudian dapat mengoreksi pola makan Anda melalui jenis program ini.

Jika Anda benar-benar membutuhkan bantuan, pikirkanlah untuk bergabung dengan program penurunan berat badan yang dapat membuat Anda tetap bertanggungjawab dengan apa yang harus Anda lakukan. Beberapa memiliki target tertentu sehingga Anda tahu bahwa Anda harus bekerja keras menjalaninya. Anda dapat pula memenangkan hadiah dan menginspirasi orang banyak jika Anda berhasil menjalankan program dengan baik.

Ada beberapa grup online seperti ini. Jika Anda kesulitan dalam menemukan satu yang cocok, Anda pun dapat membentuknya sendiri. Ajaklah teman Anda dan biarkan mereka mengajak teman lagi. Anda mungkin mendapatkan dukungan yang Anda cari melalui mereka.