Apa Yang Dimaksud Dengan Kalori Kosong?etiap makanan yang kita makan dipenuhi dengan kalori. Kalorilah yang menumpuk dan mengimbangi kenaikan atau penurunan berat badan. Berapa banyak kalori dalam tubuh Anda yang tidak berguna bagi Anda ?

Kalori kosong, seperti namanya hanya memberi pengaruh negatif dan tidak ada sisi positifnya, jika Anda memakannya. Ada makanan yang tinggi kalori tapi rendah lemak. Kita sering melihat pada tingkat lemak yang rendah dan merasa bahwa

tidak  berdampak apa-apa bagi kita untuk mengonsumsi makanan itu. Namun,  kalori tinggi mungkin akan menyimpan efek yang lebih buruk pada tubuh Anda.

Makanan yang mengandung kalori jenis ini tidak memiliki nilai gizi. Kita mengonsumsi makanan untuk membawa nutrisi ke dalam tubuh kita. Tubuh dapat menghasilkan beberapa komponen dasar yang dibutuhkan, tetapi tidak semua komponen dapat dihasilkan oleh tubuh itu sendiri. Sebagian besar komponen tersebut  perlu diberikan kepada tubuh melalui pilihan makanan kita. Makanan yang dapat diproses  untuk kemudian menjadi komponen yang dapat diserap oleh tubuh dan digunakan untuk pemeliharaan, perbaikan dan fungsi, berarti penuh dengan gizi yang diperlukan.

Dengan tidak adanya nilai gizi, makanan tersebut akan dibuang atau disimpan untuk digunakan nanti. Ketika disimpan, makanan tersebut akan disimpan sebagai lemak. Tubuh tidak tahu harus berbuat apa lagi dengan makanan itu. Anda tentunya tidak menginginkan adanya tambahan lemak dalam tubuh Anda.

Kalori kosong ini sering ada pada kelompok lemak dalam piramida makanan. Jika Anda pernah melihat piramida makanan, bagian terkecil ditempati oleh lemak dan minyak. Bukalah internet dan Anda akan dapat  melihat versi terbaru penjelasan mengenai nutrisi untuk anak-anak dan orang dewasa. Lemak sangat penting, tapi  jika kita sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak  lemak hal itu adalah tidak baik dan  tidak membantu  bagi kesehatan tubuh kita.

Makanan cepat saji termasuk dalam kategori ini juga. Makanan cepat saji termasuk di dalamnya permen dan lemak. Pikirkan makanan yang digoreng dalam minyak. Kentang goreng, ayam goreng dan keripik, semua tinggi lemak. Makanan tersebut mungkin terbuat dari kentang dan unggas, tetapi kandungan lemaknya menjadi lebih tinggi karena minyak yang dipakai untuk menggoreng. Jika makanan tersebut digoreng di lemak trans, maka Anda juga  akan meningkatkan kadar kolesterol Anda dan itu bisa menimbulkan masalah.

Soda termasuk kalori kosong juga. Soda penuh dengan gula yang bisa disimpan sebagai lemak. Mari kita memikirkan sejenak  mengenai soda. Soda memiliki 130 kalori per cangkir. 130 kalori adalah perolehan yang sama saat kita mengonsumsi roti isi kalkun, salad dan air yang akan lebih mengenyangkan dan bertahan lebih lama. Kelebihan gula dan lemak dapat mengakibatkan kolesterol tinggi, diabetes dan obesitas.

Hilangkan kalori kosong dengan menggunakan makanan alami untuk rasa manis dan juga biji-bijian untuk meningkatkan gizi yang bermanfaat bagi tubuh anda. Makanlah makanan yang kaya serat, buah segar dan sayuran serta daging. Akan tetapi tidak ada salahnya  sesekali untuk makan tanpa daging dan sebaliknya memilih protein nabati.