Apa yang Bisa Diberikan Makanan Berserat untuk Andanda mungkin telah mendengar banyak hal tentang serat belakangan ini, tetapi ingin tahu apakah penting untuk menambahkan serat lebih banyak ke dalam menu makanan Anda. Kita seringkali berpikir bahwa menu makanan kaya serat merupakan sesuatu yang diperuntukkan oleh orang-orang tua karena

sistem pencernaan mereka tidak lagi bekerja sebaik yang mereka inginkan.

Sementara hal tersebut benar adanya bahwa kita memerlukan serat lebih banyak seiring penuaan, hal ini sebenarnya akan menguntungkan semua orang. Jika Anda menambahkan serat lebih banyak ke dalam menu diet Anda, Anda akan merasa lebih baik, terlihat lebih menarik, dan menyesalkan mengapa Anda tidak melakukannya lebih awal. Serat merupakan bagian penting dari rancangan makan yang baik.

Satu hal yang bisa dilakukan oleh diet serat adalah membantu Anda menurunkan berat badan. Jika Anda menambahkan serat lebih banyak, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Mereka yang memakan menu makanan yang memiliki kadar karbohidrat olahan yang tinggi dan rendah serat akan merasa lapar lebih sering, yang merupakan hal yang buruk di dalam setiap rencana diet. Serat butuh waktu lama untuk dicerna, dan sebagian hanya lewat tanpa perlu dicerna sama sekali, sehingga membuat Anda lebih kenyang. Jika perut Anda masih penuh, Anda tidak akan mengalami makan secara berlebihan. Ini adalah satu alasan yang sangat baik untuk menjalani diet serat tinggi. Anda memakan lebih sedikit sehingga berat Anda berkurang. Hal ini sangat sederhana dan benar-benar berhasil.

Serat juga bisa membantu Anda membersihkan sistem pencernaan Anda. Kita sering kali tidak mau berpikir mengenai hal seperti ini, tetapi jika sistem pencernaan Anda bekerja dengan sangat perlahan, itu artinya bahwa Anda harus segera membersihkannya. Diet serat akan membantu Anda merasa teratur, dan tidak perlu menjadi lansia terlebih dahulu untuk menginginkan dan membutuhkan manfaat ini. Serat melalui sistem pencernaan Anda dan bisa membungkus kotoran yang menetap di sistem Anda sehingga bisa membersihkannya keluar. Mereka yang menjalani diet serat lebih tinggi akan teratur buang air besar, yang berarti lebih sedikit mengalami kembung dan bahkan akan terlihat lebih langsing.

Anda mungkin menemukan bahwa dengan menerapkan diet kaya serat pada anak Anda akan membantu mereka melakukan hal-hal lebih baik sepanjang hari. Setiap anak yang lapar akan lebih mudah marah dan juga kurang bisa berkonsentrasi pada pekerjaan sekolah atau apapun yang sedang mereka lakukan. Jika mereka kenyang lebih lama, mereka akan melakukan semuanya dengan lebih baik, memiliki suasana hati yang lebih baik, serta lebih cenderung tidak memakan makanan manis karena merasa lapar satu jam setelah sarapan pagi. Diet serat untuk mereka bisa merupakan sarapan pagi kaya serat yang baik, yang akan membuat mereka bertahan hingga makan siang.

Anda bisa menambahkan serat ke dalam menu makanan Anda di dalam berbagai cara. Ada beberapa sereal yang bagus di pasaran yang kaya akan serat untuk Anda dan anak-anak Anda. Raisin Bran adalah sereal yang bagus, begitu juga dengan Mini Wheats. Anda bisa menambahkan roti berkadar serat tinggi dan produk roti lainnya ke dalam menu makanan Anda. Jangan lupakan cara paling umum untuk menambahkan ke dalam menu diet serat Anda, dan hal itu adalah buah-buahan dan sayuran. Jangan minum jus, tapi makan buahnya. Kandungan seratnya akan berkurang jika dibuat jus. Ini mungkin adalah semua yang Anda butuhkan untuk menjalani diet serat yang memberikan manfaat kesehatan kepada semua orang di rumah Anda.