Tanda-Tanda dan Gejala Diabetesiabetes adalah kondisi yang disebabkan oleh ketidak-seimbangan kadar gula darah dalam tubuh. Insulin berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah. Diabetes umumnya adalah penyakit keturunan, namun dalam beberapa kasus, diabetes juga dipengaruhi oleh lingkungan. Orang yang memiliki kelainan hormon, rentan terhadap serangan diabetes tipe 1. Ada tiga tipe diabetes, yakni

tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestasional. Pada diabetes tipe 1, tubuh kehilangan kemampuan untuk memproduksi insulin. Agar gula darahnya seimbang, maka penderita diabetes tipe 1 haris mendapat injeksi insulin. Pada diabetes tipe 2, tubuh membangun kekebalan yang menyerang produksi insulin itu sendiri. Umumnya tubuh akanĀ  menderita defisiensi produksi insulin juga.

Diabetes gestasional umumnya menyerang ibu hamil dan hilang pada saat bayi lahir. Tipe 2 adalah yang paling umum terjadi diantara ketiga tipe diabetes tersebut dan tipe ini dapat terjadi karena faktor genetis maupun faktor lingkungan. Jika tidak dideteksi sejak awal, penyakit diabetes mampu mempengaruhi produktivitas seseorang untuk jangka panjang, maka dari itu, amat penting untuk mengetahui dan mengerti apa saja gejala-gejala pada diabetes. Pengenalan gejala dapat tergantung pada tipenya dan kes kondisi kesehatan orang tersebut pada umumnya. Tipe 1 dan 2 ditandai dengan rasa haus yang amat sangat, kelelahan, buang air kecil berlebihan, pandangan kabur, lemah otot dan kehilangan berat badan tanpa sebab. Diabetes tipe 2 agak sulit untuk dikenali karena gejalanya lebih lama terjadi, lain halnya dengan tipe 1 yang amat cepat muncul, sehingga mudah untuk dikenali.

Gejala lainnya contohnya, gatal-gatal pada kulit yang sulit sembuh dan infeksi kulit, infeksi saluran kandung kemih, Candida (kulit kering dan gatal), ulser kulit, kulit melepuh dan pecah2, kesemutan pada kaki dan rusaknya sebagian syaraf di anggota tubuh. Diabetes juga dapat berpengaruh pada kehidupan seksual penderitanya. Bagi wanita penderita diabetes, vagina kering yang tidak biasanya merupakan suatu indikasi, kegagalan ereksi pada pria dan menopause prematur pada wanita, mens yang kadang teratur kadang tidak, dan pening kepala adalah indikasi diabetes.

Penderita diabetes sulit sembuh dari luka pada kulitnya. Indikasi dan gejala diabetes lainnya adalah tubuh lemas, tangan kesemutan dan kebas. Semakin tinggi stadium diabetes yang diderita, semakin bermacam-macam pula indikasi dan gejala yang akan dialami, yakni tubuh lunglai, mengompol pada anak dan dehidrasi karena BAK yang teralalu sering, lapar yang berlebihan, pandangan kabur, nyeri otot dan mudah iritasi. Indikasi yang lain adalah sering pusing, otot terasa lemas, jerawat, infeksi jamur. Komplikasi yang lain seperti HHNS ( hypoglicemic hypersmolar nonketotic syndrome) dapat juga muncul. Ketoasidosis diabetes merupakah salah satu kondisi fatal yang dapat disebabkan oleh diabetes, yang ditandai dengan mual, detak jantung cepat, sesak nafas dan nyeri pada perut.