Diet cap=I]ndeks Massa Tubuh (IMT) adalah perhitungan yang didasarkan pada tinggi dan berat badan Anda untuk menentukan apakah Anda: kekurangan berat badan, mempunyai berat ideal, atau kelebihan berat badan. Pengujiannya merupakan sebuah indikasi keseluruhan lemak tubuh yang

Anda miliki. Rentang angkanya kurang lebih akurat, namun ada beberapa keadaan yang membuat perhitungannya tidak benar 100%. Karena hasil IMT murni berdasarkan angka, maka Anda harus melihat angka Anda dan mengonsultasikan faktor-faktor lain yang berkontribusi dengan dokter Anda (seperti pertimbangan berat otot atau bentuk tubuh)

Jika IMT berjumlah 30 atau lebih maka bisa dianggap obesitas. Skala akhir yang paling tinggi untuk kelebihan berat badan (25 - 29.9) dan mereka yang berada pada kategori obesitas mempunyai risiko tinggi mendapatkan diabetes tipe 2. Indikator bahaya lain adalah lingkar pinggang. Jika Anda lelaki dan dan pinggang Anda berukuran 101 cm atau lebih dan jika Anda wanita dan ukurang pinggang Anda 90 cm atau lebih, maka terdapat risiko peningkatan lemak daerah perut untuk diabetes dan penyakit lainnya.

Mempertahankan IMT yang sehat adalah dengan menyeimbangkan berat tubuh dengan tinggi badan dan jenis tubuh Anda. Kedua tujuan ini akan membawa lebih banyak keuntungan daripada kontrol tingkat gula darah yang baik. Anda juga mengalami peningkatan energi, bisa mengurangi konsumsi insulin, dan memberi Anda harapan untuk panjang umur.

Kurangi total lemak tubuh untuk mendapatkan kisaran IMT yang sehat (18,5 - 24,9). Konsultasikan dengan dokter Anda dan minta saran bagaimana mencapai tujuan Anda. Minta persetujuan dulu dari dokter Anda jika Anda baru memulai olahraga rutin. Anda tidak ingin memperlemah diri Anda sendiri pada permulaan dan dokter Anda mungkin mempunyai larangan-larangan yang harus Anda turuti untuk mencegah Anda mengalami cedera ataupun Hipoglikemia.