Pengobatan Alternatif Melawan Depresi yang Mungkin Saja Mujarab

Pengobatan Alternatif Melawan Depresi yang Mungkin Saja Mujarablmu kedokteran konvensional tidak dapat mengobati depresi. Namun tidak semua orang yakin akan ilmu kedokteran konvensional. Ada saja orang yang tidak setuju dengan cara pengobatan dengan asupan bahan kimia. Bagi kelompok ini, alam menyediakan berbagai macam cara pengobatan alternatif melawan depresi mulai dari

tanaman herbal St. John’s Wort sampai ke metode-metode yang nyeleneh seperti terapi 'benda seni'.

Mengapa sebagian masyarakat masih mencoba pengobatan alternatif, bila tersedia banyak obat anti-depresi yang bisa didapat dengan mudah di apotek terdekat ? Seringkali, walaupun sudah mencoba berbagai jenis di pasaran, obat biasa  tetap saja tidak manjur. Walaupun metode alternatif ini juga mungkin tidak manjur bagi sebagian besar masyarakat, namun masih patut dicoba.

Mari kita mulai dari obat alternatif anti depresi yang paling manjur – herbal St. John’s Wort. Jika Anda tinggal di daratan Eropa, mendapat obat herbal ini harus dengan resep dokter (tapi ganja dijual bebas). Lain halnya di Amerika, herbal ini kelihatannya tidak berbahaya jadi bisa didapatkan dengan mudah di toko obat atau pasar swalayan biasa. Herbal ini juga tidak mahal, mungkin tidak lebih dari $12 satu pak. St. John’s Wort juga bukan herbal langka. Di Eropa bahkan amat populer, jadi lazim digunakan di rumah tangga. Menggunakan herbal ini tidak menyebabkan kantuk seperti obat anti depresi biasa. Namun sudah barang tentu, herbal ini mungkin saja tidak manjur bagi sebagian orang (sama halnya seperti obat anti depresi resmi). Silakan mencobanya, coba apakah manjur bagi Anda atau tidak. Ada baiknya tidak mencampurnya dengan obat anti depresi resep dokter.

Apakah terpikirkan oleh Anda, bahwa cahaya mungkin bisa jadi senjata Anda melawan depresi ? Orang menyebutnya terapi cahaya, digunakan untuk merawat Seasonal Affective Disorder (bahasa Indonesia: kemurungan musiman). Depresi jenis ini disebabkan oleh cuaca hujan atau salju terus menerus. Jika Anda mengambil terapi cahaya, Anda akan dipertontonkan dengan berbagai spektrum warna cahaya sampai anda riang kembali. Bagi sebagian orang, terapi cahaya bisa manjur.

Jika terapi cahaya agak unik, bagaimana dengan terapi benda seni ? Bukan.. ini bukan terapi di mana Anda dipertontonkan benda seni untuk membuat Anda yakin bahwa hidup ini indah. Terapis memberi anda kanvas kosong lalu Anda didaftarkan kursus seni lukis. Ekspresi diri seharusnya bisa membuat merasa lebih baik terhadap diri sendiri dan terhadap hidup pada umumnya. Terapi ini bahkan manjur bagi sebagian orang yang lancar berekspresi.

 

Jika Anda tidak cocok dengan kuas lukis, metode pengobatan alternatif anti  yang terakhir ini mungkin cocok – yoga. Teorinya, posisi-posisi yoga, dapat memberikan motivasi bagi pikiran, untuk berharap masa depan yang lebih cerah. Bahkan ketika Anda berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang membuat hati senang. Yoga cocok untuk orang yang menderita depresi ringan atau setidaknya yang tidak malas mengangkat kakinya keluar kamar.

Olahraga dan kesehatan