Mengatasi Depresiepresi dapat mengubah orang-orang yang Anda dicintai menjadi seseorang yang tidak Anda kenali lagi. Orang yang Anda cintai masih ada di dalamnya, namun  mereka tidak akan menunjukkan kepada Anda sisi senang dan bahagia yang sebelumnya ada pada diri mereka.

Mengatasi depresi adalah hal sulit bagi mereka yang

sudah mempunyai kondisi seperti ini, namun akan menjadi kondisi yang lebih stres lagi bagi mereka yang mencintai orang-orang yang sedang mengalami depresi.

Jika Anda mengetahui seseorang yang sedang berjuang dengan depresi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka dan ada juga beberapa hal yang harus Anda berikan untuk mereka. Kesabaran dan pengertian Anda sangat penting jika Anda mau untuk membantu dan selalu ada untuk mereka.

Mereka yang sedang mengatasi depresi mengetahui bahwa mereka tidak sendiri, namun mereka benar-benar tidak peduli, dan mereka mungkin tidak berpikir bahwa Anda peduli. Hal itulah yang mengerikan dari depresi. Depresi membuat perubahan dan cara pandang orang yang sedang mengalaminya, dan mereka bahkan tidak mengetahui bahwa mereka depresi. Penderita depresi merasakan dirinya tidak berharga, letih, lelah, sedih, tidak termotivasi, tidak tertarik terhadap apapun, kemungkinan dapat melakukan bunuh diri. Hal ini menjadi sangat berat bagi penderita, dan juga menjadi sangat berat bagi Anda. Apa saja yang Anda lakukan, jangan menyerah terhadap masalah depresi ini. Sebaliknya, belajarlah untuk berpikir dengan cara yang berbeda untuk membantu mereka yang sedang mengalami depresi. Jangan pernah memberitahu seseorang dengan depresi untuk 'sadarlah dari depresi' yang merupakan sesuatu yang tidak mungkin.

Anda dapat terus dan terus mengingatkan mereka tentang bagaimana mereka sangat berarti bagi Anda dan betapa pentingnya mereka di dalam hidup Anda. Anda mungkin merasakan hal itu seperti kaset yang rusak, namun mereka perlu untuk mendengar hal ini. Mereka dapat bertindak seolah-olah tidak percaya dengan Anda, namun jika Anda gigih, tindakan Anda akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli.

Mengatasi depresi berarti mengatasi gejala-gejala yang terjadi sampai orang tersebut dapat mencari suatu cara untuk keluar dari permasalahan. Berikan dorongan pada mereka untuk melihat seseorang yang membutuhkan bantuan. Beberapa orang akan memberontak memikirkan hal itu, namun ingat mereka akan ketakutan terhadap stigma penyakit jiwa. Mengingatkan mereka bahwa ada jutaan penderita yang mengalami depresi dan ada pengobatan yang akan membuat mereka merasa lebih baik. Hal ini dapat merupakan sesuatu kondisi medis, seperti sedang mengalami penyakit flu.

Salah satu bagian dalam mengatasi depresi pada sesorang yang Anda cintai adalah mengetahui ketika segalanya telah menjadi sesuatu yang buruk menjadi lebih buruk. Anda mungkin mendengar bahwa seseorang yang mengatakan bunuh diri itu adalah sesuatu yang hanya mencari perhatian, namun hal itu tidak benar. Seseorang yang berbicara tentang hal itu adalah seseorang yang telah memikirkan hal itu juga. Mungkin mereka tidak ingin melakukan hal itu, namun mereka merasa bahwa hanya hal itu yang merupakan cara untuk keluar dari penderitaan yang mereka rasakan dari hari ke hari. Mereka telah berpikir bahwa dengan kematian, merupakan suatu imbalan kepada siapa saja dan tidak ada satupun yang peduli. Jika yang Anda cintai berbicara tentang hal ini, bahkan secara tidak langsung, awasi mereka dan hubungi lembaga pencegahan bunuh diri untuk mencari saran tentang bagaimana cara untuk menolong mereka.

Anda mungkin menemukan seseorang yang Anda bantu dalam depresi berat yang mereka alami menjadi berat bagi Anda. Pastikan Anda memiliki waktu untuk Anda sendiri. Ingatlah juga bahwa orang tersebut telah mengatasi depresi untuk waktu yang sangat lama, dan mereka tidak tahu bagaimana merasakannya dengan cara yang berbeda. Anda mungkin harus melakukan atau mengatakan sesuatu yang dapat membuat mereka marah dalam rangka untuk membantu mereka, namun Anda harus menghalangi mereka untuk bunuh diri. Pada saat mereka merasa lebih baik, dan mereka menuju menjadi seseorang yang bahagia yang Anda ingat, mereka akan berterima kasih dengan apa yang telah Anda lakukan.