cacar airacar air merupakan penyakit yang khas pada anak-anak yang  sangat terkenal dapat menular. Pada anak yang terinfeksi oleh virus cacar air akan timbul banyak lepuh berisi cairan yang menyebabkan rasa gatal. Lepuh  ini akan pecah nantinya dan menjadi kulit kering. Anak-anak kira-kira mendapat 500  lepuh seperti ini yang akan menjadi bekas merah di kulit. Pertama lepuh akan terlihat di

wajah dan menyebar ke tenggorokan, kulit kepala, kemudian keseluruhan badan dan setelah sehari muncul, lepuh berisi cairan tersebut akan keruh dan nantinya menjadi luka.

Rasa gatal karena cacar air sangat hebat dan menganggu. Dan bila kulit keringnya tidak diobati dapat menimbulkan bekas seumur hidup. Dalam waktu 80 jam terinfeksi , gejalanya akan mulai tampak dan hanya 10 – 20 hari setelah kontaminasi, cacar akan muncul. Gejalanya seperti demam, sakit perut, pusing, hilang napsu makan dan yang terakhir ruam cacar. Kondisinya dapat dipastikan dengan menguji lepuh cacarnya dan bahkan dengan mengambil contoh darah. Sejarah medis sang anak juga dapat membantu untuk menentukan keparahan kondisinya.

Virus yang bertanggung jawab atas infeksi cacar air adalah Varicella-zoster atau biasa disebut varicella. Virus menyebar melalui transmisi udara, transmisi tetesan dan kontak langsung. Tidak hanya orang yang terinfeksi virus ini yang harus dihindari tapi juga orang atau anak-anak yang sedang dalam masa pengobatan. Sejak ditemukannya vaksin cacar air, maka kasus cacar air mengalami penurunan. Anak-anak dibawah usia 10 tahun harus dipersiapkan dengan matang karena mereka lebih rentan terinfeksi oleh virus. Sebaliknya, ketika anak usia dewasa atau orang dewasa menderita cacar air, mereka akan menjadi lebih sakit dibandingkan anak kecil.

Anak atau orang yang terinfeksi oleh virus cacar air menjadi tempat bagi virus seumur hidupnya. Tetapi jumlahnya dapat dikendalikan dengan sistem kekebalan tubuh. Kadangkala janin mendapatkan sebagian kekebalan dari darah ibunya bila sang ibu telah terinfeksi oleh cacar air. Anak dari ibu yang belum terinfeksi oleh cacar air cenderung untuk menderita cacar air yang parah, dan anak-anak yang telah memperoleh vaksin cacar air akan mendapat cacar air yang lebih ringan. Masalah kulit pada anak seperti eksema atau terbakar sinar matahari dapat menjadi lebih buruk, dan anak dalam kondisi ini biasanya mendapat lebih dari 100 dan 500 lepuh cacar air. Anak-anak yang telah meminum steroid juga dapat mendapati kondisi yang buruk.

Seiring dengan penggunaan krim/lotion dari  dokter dan meminum obat yang mengandung antihistamin, rasa gatal dapat dihilangkan dengan memandikan anak menggunakan air hangat dan bubur gandum. Pengobatan anti virus harus dimulai sejak hari pertama terinfeksi dan orang lain yang tinggal serumah dengan penderita juga harus menggunakan obat anti virus yang direkomendasikan oleh dokter. Merupakan suatu keharusan bagi semua orang untuk menggunakan vaksin cacar air sebagi bagian dari jadwal rutinitas imunisasi. Terdapat 100% kemungkinan untuk tidak berkembang dari cacar air sedang menjadi cacar air parah dan hampir 90% kemungkinan untuk tidak menderita cacar air ringan. Vaksin cacar air merupakan satu-satunya vaksin yang tidak memerlukan pendorong. Tetapi dosis yang tinggi dapat diberikan pada remaja untuk menghindari ruam syaraf atau herpes zoster, dan harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan dosis yang lebih besar.