WASHINGTON, 29 Maret 2011 (AFP) - Anak yang mempunyai masalah psikologi memiliki kecenderungan untuk menjadi orang dewasa yang bermasalah dengan uang dan hubungan pribadi, ungkap penelitian Inggris yang dipublikasikan di Amerika Serikat pada hari Senin.

Analisa dalam Risalah Akademi Sains Nasional berdasarkan pada informasi sekelompok 17.634 anak-anak yang lahir di Inggris pada minggu pertama bulan Maret 1958.

Kelompok yang memiliki masalah psikologis pada umur 16 tahun, ditentukan oleh laporan keluarga yang menyatakan bahwa si anak telah dievaluasi oleh psikiater atau psikolog dan telah ditemukan masalah "sedang" hingga "berat", memperoleh pemasukan antara 19 persen dan 28 persen lebih sedikit sebagai orang dewasa dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki masalah seperti itu.

Sebagai perbandingan, anak yang memiliki masalah kesehatan fisik yang besar tumbuh menjadi orang dewasa yang memperoleh penghasilan rata-rata lebih kurang sembilan persen daripada teman sebaya mereka yang sehat.

"Pada umur 50 tahun, orang-orang yang pernah mengalami masalah psikologi pada masa kecil mereka memiliki kemungkinan enam persen lebih rendah untuk menikah atau hidup bersama seseorang, serta kemungkinan 11 persen lebih rendah untuk dapat bekerja," ungkap penelitian itu.

Para peneliti juga melihat dampak negatif di umur 50 tahun pada sifat-sifat keramahan dan hati nurani bagi mereka yang memiliki masalah psikologis pada masa kecil. "Temuan ini membuktikan bahwa masalah psikologis pada masa kecil dapat memiliki dampak negatif yang signifikan di dalam hidup seseorang, jauh lebih parah dibandingkan masalah kesehatan fisik pada masa kecil," kata James Smith, salah satu pelaku penelitian dan merupakan ahli ekonomi senior di RAND Corporation, kelompok penelitian nirlaba.

"Penemuan tersebut menunjukkan bahwa peningkatan upaya untuk mengatasi masalah ini secara dini pada anak-anak dapat memberikan dampak ekonomi yang besar di kemudian hari."

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Smith telah menunjukkan hasil yang hampir mirip pada orang Amerika, dan menyatakan bahwa masalah psikologi pada masa kecil menghabiskan biaya sebesar $2,1 triliyun dolar AS selama kehidupan mereka yang terkena dampaknya.

Sumber: Agence France-Presse - Terjemahan: DokterMu.com