Lembaga Pangan Uni Eropa: Kecambah Harus Dimasak Terlebih Dahulu untuk Menghindari E.Coli

Lembaga Pangan Uni Eropa: Kecambah Harus Dimasak Terlebih Dahulu untuk Menghindari E.ColiROMA, 29 Juni 2011 (AFP) - Lembaga Pencegahan Penyakit dan Lembaga Keamanan Pangan Uni Eropa pada hari Rabu merekomendasikan dalam pernyataannya untuk memasak terlebih dahulu kecambah fenugreek akibat masalah yang terkait dengan wabah E.coli yang berasal dari kecambah di daerah Perancis dan Jerman.

Dua lembaga tersebut melakukan suatu penelitian dan mengatakan bahwa mereka "sangat merekomendasikan dalam menyarankan kepada konsumen untuk tidak membudidayakan kecambah untuk dikonsumsi sendiri dan memakan kecambah atau bibit tunasnya kecuali terlebih dahulu dimasak secara keseluruhan".

Pernyataan tersebut dilaporkan oleh Otoritas Keamanan Pangan Eropa di Italia dan Lembaga Pusat Eropa untuk Pengaturan dan Pencegahan Penyakit di Swedia yang mengatakan bahwa kecambah sering dijual sebagai campuran dan "selama pengemasan ulang, kontaminasi silang tidak dapat dikesampingkan".

Studi dalam penilaian resiko juga mengatakan bahwa dokter "harus didorong untuk melaporkan kasus-kasus baru HUS (Haemolytic Uremic Syndrome) secara tepat waktu".

Kecambah fenugreek mentah telah dipakai sebagai bahan makanan sehat untuk salad.

Setidaknya 48 orang telah tewas akibat wabah bakteri pembunuh E.coli yang merebak di Jerman yang berasal dari kecambah sayuran organik.

Wabah terpisah juga terjadi di Perancis terkait oleh pemerintah setempat dengan perusahaan kecambah di Inggris, dimana 10 orang dinyatakan telah terjangkit penyakit ini.





Sumber: Agence France-Presse - Terjemahan: DokterMu.com