Tentang kesehatan

Bagaimana Batu Ginjal Didiagnosapakah Anda mempunyai batu ginjal ? Anda tidak akan pernah mengetahuinya hingga Anda diperiksa oleh dokter karena gejalanya mirip dengan Infeksi Saluran Kemih atau ISK.

Jadi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Ketika disana, ia akan mengevaluasi

catatan medis Anda dan melakukan pemeriksaan fisik sebelum melakukan beberapa tes.

Jika Anda merupakan pasien regular dokter tersebut, maka akan mudah untuk melihat data Anda. Tetapi, jika ini merupakan yang pertama, Anda harus mengisi formulir dan mendapatkan data medis Anda.

Catatan medis Anda tidak berkata banyak tentang batu ginjal, terutama jika Anda tidak pernah menderitanya, oleh karena itu langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan fisik. Disini dokter akan melihat fisik Anda dan menyentuh beberapa bagian. Hal tersebut akan sulit dilakukan ketika pasien dalam kondisi sangat kesakitan.

Jadi, jalan yang terbaik untuk memastikan penemuan awalnya adalah melalui tes laboratorium. Dokter akan mengambil contoh darah atau meminta contoh urin dari Anda. Anda juga harus di diperiksa dan ada banyak mesin untuk melakukannya, seperti Computed Tomography (CT) Scan, Intravenous Pyelogram (IVP), Retrograde Pyelogram, dan X-ray.

CT Scan telah digunakan pada berbagai macam pemeriksaan. Alat scan dan computer digunakan untuk menghasilkan gambar dari sistem urin. Hanya satu masalahnya, yaitu sulit untuk mendeteksi batu kecil jika terletak dekat kandung kemih. Jika batu ditemukan kemudian X-ray dilakukan untuk menentukan orientasinya, bentuk dan ukuran dari batu ginjal.

Intravenous Pyelogram atau IVP dilakukan setelah zat kontras disuntikkan dalam pembuluh darah. Dalam hitungan menit, hasil tes akan memperlihatkan jika ada batu ginjal yang menghalangi saluran kencing. Ini mungkin merupakan metode yang paling baik untuk mengecek batu ginjal, walaupun ada sedikit risiko alergi pada cairan yang diinjeksikan dalam pembuluh darah.

Jika Anda berpendapat bahwa suara ultrasonik hanya digunakan untuk melihat pertumbuhan bayi dalam kandungan, berpikirlah ulang karena dapat juga dapat digunakan untuk mendeteksi bagian atas saluran kemih dan ginjal yang melebar ketika ada batu yang bersarang dalam saluran kencing. Keterbatasannya adalah tidak dapat mendeteksi batu ginjal yang tidak terdapat dalam area ginjal.

Istilah lain untuk Retrograde Pyelogram adalah Kistokopi. Tes dilakukan dengan memasukkan alat teleskopis ke dalam kandung kemih, dan seperti IVP, zat kontras juga dimasukkan ke dalam lubang tersebut yang kemudian dilakukan X-Ray untuk menemukan batu ginjalnya.

Beberapa dokter berkata cara ini lebih baik daripada IVP karena tidak mungkin untuk alergi pada zat kontrasnya, dikarenakan Anda pada awalnya akan diinjeksi dengan anestesi jadi Anda tidak akan merasakan apapun.

Diantara berbagai macam tes yang dilakukan untuk mendeteksi batu ginjal, cara ini hanya dilakukan ketika cara lain tersebut tidak berhasil atau sukses.

Setelah diagnosa teliti, dokter akan dapat menyimpulkan Anda mempunyai batu ginjal atau tidak. Dari situ, mereka akan memberi beberapa obat atau menganjurkan Anda meminum banyak air karena Anda mungkin dapat mengeluarkan batunya sendiri. Tapi jika itu tidak bekerja, maka operasi adalah pilihan selanjutnya.

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

  1. Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location