Tentang kesehatan

Berbagai Cara Menggunakan Aromaterapi

Berbagai Cara Menggunakan Aromaterapida bermacam-macam cara menggunakan aromaterapi. Jadi jika Anda berpikir bahwa dengan menghirup adalah satu-satunya cara, silakan berpikir ulang sebab inilah beberapa opsi yang lain yang dapat dilakukan.

Jika Anda memiliki sakit atau nyeri pada otot, Anda dapat melakukan pemijatan menggunakan satu atau dua minyak esensial. Anda bahkan tidak perlu melakukan full body massage untuk

merasakan efek mendalam karena hal tersebut dapat pula dilakukan oleh Anda sendiri, terutama jika Anda mengalami sakit kepala atau mengalami nyeri pada kaki dan lengan.

Anda juga dapat merendam diri Anda dengan minyak aromaterapi, hanya dengan mengisi bathtub dan menambahkan 6-10 tuang minyak esensial atau sesuai kebutuhan. Jika Anda tidak memiliki minyak, cobalah memakai bath salts yang didesain untuk larut segera setelah dicampur dengan air.

Untuk orang-orang yang tidak suka dengan kontak langsung minyak terhadap tubuh, mereka dapat menggunakan minyak aromaterapi sebagai kompres panas atau dingin. Untuk melakukannya, persiapkan sebuah wadah dan isilah dengan air. Setelah terisi, tuangkan sejumlah minyak esensial lalu rendam handuk kecil untuk beberapa saat. Kemudian peraslah air pada handuk, lalu bungkus kembali handuk tersebut dengan handuk lain atau plastik untuk kemudian diletakkan pada daerah tubuh yang diinginkan.

Beberapa noda pada benda sulit untuk dihilangkan, dan jika tidak ada cara lain yang bisa dilakukan, dengan minyak esensial mungkin saja hal tersebut bisa ditemukan solusinya. Untuk melakukannya, campurkan saja minyak esensial dengan cucian, lantai yang dibilas, ember cucian, dan water misters. Hasilnya adalah pakaian dan perlengkapan rumah yang bersih.

Di samping menjaga kebersihan pakaian dan rumah Anda, minyak aromaterapi juga dapat menghilangkan bau, termasuk bau yang berasal dari sepatu. Untuk melakukannya, tuangkan sedikit minyak ke panci jika bau berasal dari dapur, dan tuangkan sedikit ke sepatu jika bau berasal dari sepatu Anda.

Anda juga dapat mencampur aromaterapi dengan kosmetik. Beberapa contohnya adalah pada body lotion, krim dingin, pembilas rambut, parfum, dan shampo. Ketika Anda melakukannya pastikan perbandingan minyak esensial dengan material-material tersebut sekitar 1:9.

Apakah Anda menderita masalah dalam pernapasan atau sakit kerongkongan? Berkumur beberapa saat dengan minyak esensial seperti cengkeh atau pohon teh dapat membantu Anda. Jika tidak suka dengan rasanya, bisa dicoba dengan mencampur bersama air putih biasa.

Minyak aromaterapi juga baik untuk luka bakar, luka ringan, dan luka gores. Dalam penggunaannya, campurkan beberapa tetes minyak dengan air hangat, rendam kain bersih ke dalamnya, lalu tempelkan pada bagian yang luka sebelum diberi perban.

Ada banyak cara untuk memaksimalkan aromaterapi dan bagaimana melakukannya tergantung pada tipe minyak yang Anda miliki. Beberapa dapat membuat Anda merasa tenang, beberapa akan membuat Anda merasakan sensasi yang berbeda. Penggunaan minyak esensial sangat aman dan tidak berbahaya.

Pastinya penggunaan minyak esensial dapat membuat rumah terasa bersih dan berbau harum sehingga membuat Anda merasa lebih baik karena tidak ada satu pun efek samping layaknya pemakaian metode pengobatan tertentu.