Tentang kesehatan

lavenderepertinya, paling tidak ada satu aroma terapi untuk masing – masing kebutuhan Anda. Apakah itu untuk mengubah suasana hati Anda, mencapai rasa nyaman dan bahagia atau untuk menyembuhkan masalah

kesehatan minor, pasti ada aroma tertentu yang tepat untuk kebutuhan itu dan memenuhinya dengan baik.

Berikut adalah 5 aroma terapi yang paling sering digunakan.

Kamomil

Bunga dari tanaman kamomil terlihat seperti bunga aster kecil, tapi aromanya malah menyerupai buah apel. Sudah ditanam selama bertahun – tahun karena bermacam bagiannya yang mampu menyembuhkan. Kamomil paling dikenal karena kemampuannya memberikan efek menenangkan, yang membantu seseorang untuk tidur dengan tenang. Efek ini juga sangat efektif untuk membantu mengatasi gejala PMS, menopause, dan hiperaktivitas pada anak – anak. Minyak dari bunga kamomil bisa membantu meringankan sakit dan tegangan di otot, serta rasa nyeri di kepala dan sendi. Meminum teh yang dibuat dari kelopak bunganya mampu membantu meningkatkan nafsu makan dan menenangkan perut yang bergejolak. Tidak seperti minyak saripati lainnya, kamomil cukup lembut untuk membantu meringankan sakit perut pada bayi Anda dan membantunya tidur.

Kayu putih

Dengan varitasnya yang hampir mencapai 300 jenis, kayu putih telah menjadi bahan utama dalam obat batuk karena aromanya, yang membantu membuka dan membersihkan saluran hidung. Minyak kayuputih juga digunakan untuk memberi aroma pada obat kumur, cairan yang digunakan setelah bercukur, minyak wangi, dan cairan pembersih rumah tangga lainnya. Efek yang diberikan minyak kayu putih pada pikiran dan tubuh Anda meliputi ; kelegaan pada jiwa yang lelah, meningkatkan kewaspadaan jiwa Anda, meringankan ketegangan otot dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun meskipun minyaknya sangat bagus untuk melegakan gejala sinusitis atau radang dalam selaput lendir, serta penyumbatan paru – paru, tapi tidak dianjurkan untuk menangani serangan asma.

Lavender

Lavender dari dulu selalu  dikaitkan dengan kebersihan karena sejak orang Romawi pertama kali menggunakannya sebagai bahan tambahan dalam air mandi mereka. Sekarang, masih menjadi aroma favorit yang ditambahkan dalam parfum, sabun, penyegar udara, dan pelembut pakaian, pembasmi kuman, dan sebagainya. Lavender adalah salah satu minyak saripati yang paling aman dan paling banyak digunakan, dikenal dengan efek relaksasi dan meningkatkan daya pikir. Jika digunakan dalam jumlah banyak, lavender bisa meningkatkan gairah. Selain itu lavender juga membantu meningkatkan pencernaan, mengurangi pembengkakan, meredakan ketegangan otot, dan telah terbukti efektif dalam mengobati luka minor pada kulit seperti luka bakar, luka irisan, goresan dan ruam – ruam.

Pepermint

Pepermint terkenal karena wangi mint-nya yang sangat kuat dan khas. Pepermint menjadi bahan paling umum ditemukan dalam segala jenis produk seperti es krim, minuman beralkohol, obat kumur, pasta gigi, hidangan penutup, kosmetik, produk pembersih rumah tangga dan sebagainya. Minyak saripati pepermint juga digunakan dalam obat gosok untuk meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh tertentu, yang akan meredakan kejang otot, serta radang sendi. Pepermint juga dikenal mampu memperbaiki suasana hati, melegakan kelelahan jiwa, dan meningkatkan kewaspadaan serta memori Anda. Selain dikenal mampu membunuh berbagai jenis bakteri dan virus, pepermint digunakan untuk mengobati kadas dan kurap, kudis, virus herpes simpleks dan racun pohon ek.

Rosemary

Dengan baunya yang menyerupai rumput - rumputan, kayu – kayuan, dan kamper, tidaklah mengejutkan apabila rosemary memiliki varietas penggunaan yang banyak sekali, dari jaman dulu hingga sekarang. Rosemary menjadi bahan pokok dalam pernikahan dan pemakaman di masa dulu kala. Selain itu, juga digunakan sebagai bahan dalam kosmetik di awal abad 14. Sekarang digunakan dalam obat gosok, minyak pijat, dan produk – produk mandi. Rosemary sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah, meredakan sakit tenggorokan dan penyumbatan paru – paru, serta mampu membantu meningkatkan pencernaan. 
Selain itu, jika rosemary digunakan dalam aromaterapi juga bisa membantu melegakan kelelahan jiwa, meningkatkan suasana hati dan kewaspadaan jiwa dan memori Anda.